Statuta UI terbit, pemilihan dekan tetap jalan

Kamis, 10 Oktober 2013 - 16:30 WIB
Statuta UI terbit, pemilihan dekan tetap jalan
Statuta UI terbit, pemilihan dekan tetap jalan
A A A
Sindonews.com - Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis menyebutkan, masa bakti Majelis Wali Amanat (MWA) UI akan berakhir seiring berubahnya status UI.

Menurutnya, jika statuta atau aturan pengelolaan universitas UI telah terbit, maka masa bakti MWA tentu berakhir. Sementara pemilihan Dekan UI digelar berdasarkan Surat Keputusan (SK) Majelis Wali Amanat (MWA)-UI nomor 02/SK/MWA-UI/2003 dan keputusan Rektor UI nomor 1190/SK/R/UI/2013.

Namun Anis menegaskan, pemilihan dekan tetap berjalan meski UI memperoleh kabar bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menandatangani statuta UI. "Kami kan ingin membuat suasana akademik menjadi baik," kata M Anis kepada wartawan di Gedung Rektorat UI, Depok, Kamis (10/10/2013).

"Dan di dalam statuta belum ada aturan soal pemilihan dekan, itupun harus dibahas dulu di AD/ART, dan itupun masih jadi perdebatan di perguruan tinggi, pemilihan kali ini prinsipnya datang dari calon-calon yang ada di fakultas," imbuhnya.

Apapun keputusannya, kata Anis, saat ini seluruhnya masih berproses. Begitu statuta resmi keluar maka UI langsung membentuk organisasi untuk segera menggelar pemilihan rektor. "Dinamika ini akan selesai, tetapi kalau soal pemilihan dekan di 13 fakultas dan satu program pascasarjana ini kan supaya fakultas bisa berkembang," ungkapnya.

"Kita juga sudah lama stagnan begini, itu kan tak baik bagi akademik, kalau dekan diperpanjang terus, itu kan hanya untuk situasi darurat atau ada dekan yang berhalangan dan diganti wakil dekan kalau belum sampai separuh masa bakti maka harus dilakukan pemilihan," jelasnya.

Saat masa transisi seperti ini, kata Anis, sebelumnya memang MWA meminta agar masa jabatan dekan-dekan di UI diperpanjang pada April-Mei 2012 lalu. Kemudian pada Juli 2012, MWA juga mengamanatkan bahwa dekan yang habis masa baktinya untuk segera dilakukan pemilihan dekan.

"Karena itu mari kita jalankan demi terwujudnya atmosfer pendidikan yang baik, dan rektor yang nanti akan memimpin UI agar didukung dekan-dekan yang terlegitimasi," tegasnya.

Baca juga berita terkait, SBY sudah teken statuta UI.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3606 seconds (0.1#10.140)