Dubes RI kunjungi Satgas Garuda di Kongo

Kamis, 10 Oktober 2013 - 16:15 WIB
Dubes RI kunjungi Satgas Garuda di Kongo
Dubes RI kunjungi Satgas Garuda di Kongo
A A A
Sindonews.com - Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia untuk Senegal Andradjaty, melakukan kunjungan ke Temporary Operational Base (TOB) KIZI XX-J di daerah Kaka, Dungu Republik Demokratik Kongo, Selasa, 8 Oktober 2013.

TOB adalah pos aju bagi kontingen dalam menyelesaikan tasking order berupa key task pembangunan jalan Dungu-Nggilima sepanjang 40 Km. TOB ini didirikan mengingat jarak antara lokasi pekerjaan, dan homebase yang sangat jauh serta mempunyai medan berat akan menyebabkan ketidak efisienan waktu.

TOB Kaka beranggotakan sekitar satu SST yang diperkuat oleh satu regu Maroko Batalion dan satu regu FARDC (tentara pemerintah Kongo).

Kekuatan dari pasukan di atas merupakan tanda, bahwa daerah pekerjaan adalah daerah merah atau kawasan bahaya. Dimana menjadi daerah operasi maupun sering dijadikan sebagai pelintasan pemberontak LRA.

Namun dengan keberanian dan semangat untuk memberikan dukungan moril bagi anggota yang berada di garis depan, Dubes RI menuju ke TOB Kaka dengan pengawalan anggota yang dilengkapi senapan mesin dan pelontar granat.

Dalam kunjungannya, Dubes RI memberikan dorongan semangat kepada anggota serta meninjau sarana yang ada di TOB Kaka serta bersantap siang di saung TOB.

Usai meninjau TOB di Kaka, Dubes berkenan meninjau hasil pekerjaan satgas yang berada di Kota Dungu. Hasil pekerjaan pertama, adalah pekerjaan dalam rangka CIMIC yaitu taman bermain atau play ground.

Taman bermain yang dibuat oleh Satgas Garuda merupakan favorit anak-anak yang ada di Dungu, hal ini terlihat pada saat kunjungan ke lokasi tersebut dimana anak-anak memenuhi taman bermain tersebut.

Pada kunjungan berikutnya, adalah meninjau penjara Dungu. Atmosfer kegembiraan dan respek ditunjukkan oleh sipir maupun tahanan yang ada. Mengingat semenjak rehabilitasi penjara, maka kondisi yang ada menjadi lebih manusiawi.

Setelah meninjau penjara, Dubes RI selanjutnya mengunjungi pembangunan Kamp Maroko Batalion, Kamp Amerika dan yang terakhir adalah hangar pesawat yang akan digunakan oleh Bangladesh Air Forces.

Di akhir kunjungan, Dubes RI menyampaikan apresiasi dan kekagumannya kepada Satgas Garuda Konga walaupun berada di wilayah terpencil, tetap dapat menjaga disiplin dan profesionalitas serta menyelesaikan tugas yang kompleks dengan peralatan yang ada.

Klik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0541 seconds (0.1#10.140)