Mahasiswa ubah eceng gondok jadi biogas

Senin, 07 Oktober 2013 - 23:52 WIB
Mahasiswa ubah eceng gondok jadi biogas
Mahasiswa ubah eceng gondok jadi biogas
A A A
Sindonews.com - Setiap tahun Universitas Indonesia (UI) bersama Pertamina rutin menggelar ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk bidang matematika, fisika, kimia, dan biologi. Evaluasinya, yakni hasil pengembangan aplikasi dan projek sains OSN lebih diselaraskan dengan perusahaan energi.

Manager CSR PT Pertamina Persero Ifky Sukarya mengatakan, tujuan dari ajang tersebut yakni agar tak hanya bersifat teori tetapi bisa diimplementasikan ke masyarakat. Yakni berupa aplikasi produk dan energi terbarukan, semua dikaitkan dalam rangka energi.

Ifky menuturkan, saat ini PT Pertamina tengah mengundang delapan pemenang OSN tahun lalu untuk melakukan penelitian terhadap energi alternatif. Salah satunya mahasiswa Universitas Mataram yang membuat riset mengubah eceng gondok menjadi biogas.

"Salah satu peserta Universitas Mataram kami libatkan kontak mereka membantu riset eceng gondok menjadi biogas. Limbah di perairan bisa dimanfaatkan, manfaatkan kehidupan sehari-hari. Akan ditinjau oleh kementrian karena bahan itu hemat energi dan bisa menjadi energi alternatif, tekan biaya produksi, agar usaha masyarakat bisa pakai gas," jelasnya di Wisma Makara UI, Senin (7/10/2013).

Ifky berharap hasil penelitian tersebut dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat sehari-hari. Dia menambahkan, OSN Pertamina sudah memasuki tahun keenam. Jumlah peserta sudah mencapai 20 ribu mahasiswa dari seluruh Indonesia.

"Dengan memperebutkan hadiah senilai Rp2,19 miliar, selain eceng gondok, ada juga tenaga angin, mahasiswa masih tangkap teori bahwa angin di Indonesia terbatas, untuk menjadi energi, perlu penelitian kembali. Kami Pertamina sedang lakukan penelitian energi dari angin," tandasnya.
(kri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1015 seconds (10.177#12.26)