SBY: TNI harus netral di Pemilu 2014

Sabtu, 05 Oktober 2013 - 12:36 WIB
SBY: TNI harus netral di Pemilu 2014
SBY: TNI harus netral di Pemilu 2014
A A A
Sindonews.com - Di Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 68, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengimbau agar TNI dapat bersikap netral menjelang dilaksanakannya pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) 2014 mendatang.

"TNI tetap harus bersikap netral dalam Pemilu 2014 nanti. Seperti pemilihan umum pada tahun 2009, TNI bersikap netral. TNI harus mewujudkan netralitas ini di pemilu mendatang," kata SBY dalam pidatonya di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2013).

SBY pun menegaskan bahwa ke depan, keberpihakan TNI harus tegak lurus dan tidak condong ke salah satu sisi. Karena hal tersebut akan membuat masyarakat semakin kecewa dengan sikap TNI.

"TNI pun harus mengemban tugas negara yang berat," tegas SBY.

Sebelumnya, SBY juga mengimbau agar TNI dapat bekerja sesuai dengan tema yang diusung tahun ini, yakni 'profesional, militan, solid, dan bersama rakyat TNI kuat'.

"Tema ini menunjukkan orientasi dan ketegasan sikap TNI dalam tugas negara, juga dalam menjaga kedaulatan RI dari Sabang sampai Merauke," kata SBY.

SBY mengatakan tema tersebut juga berorientasi agar TNI dapat kuat bersama dengan rakyat. Menjadi bagian yang melekat dengan rakyat dalam sejarahnya.

"Tekad rakyat bersama TNI kuat ini. Sejarah telah mencatat, TNI lahir tumbuh dan berkembang bersama rakyat. Ini telah menjadi sebuah prestasi yang baik," papar SBY.

Baca juga berita HUT ke 68, Kapolri berharap TNI jadi lebih baik
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2349 seconds (0.1#10.140)