Ini faktor utama penyebab stroke

Rabu, 02 Oktober 2013 - 22:15 WIB
Ini faktor utama penyebab stroke
Ini faktor utama penyebab stroke
A A A
Sindonews.com - Spesialis Bedah Saraf Eka Hospital BSD Setyo Widi berharap, rumah sakit di Indonesia harus mapu menghadapi pasien stroke. Mulai dari penanganan pertama, sampai pada rawat inap dan pengobatannya.

Infrstruktur, SDM di rumah sakit dan sistem penanganan yang cepat dan akurat, sangat menentukan keselamatan pasien stroke.

"Berbagai penyakit seperti diabetes, kadar gula yang tinggi dan darah tinggi dapat berindikasi penyakit stroke,” katanya saat ditemui di RS Eka Hospital, BSD, Rabu (2/10/2013).

Menurut Setyo, faktor utama masyarakat terkena stroke ialah rokok. Selain itu berbagai macamnya jenis penyakit seperti dibetes, kadar gula tinggi dan darah tinggi yang banyak diderita oleh kebanyakan masyarakat menjadi cerminan kondisi sosial saat ini.

Saat ini, stroke ialah penyakit yang menggangu fungsi otak yang terjadi secara mendadak. Menurut dia, hal ini dikarenakan gangguan pembuluh darah di otak yang membuat sumbatan, atau pecahnya pembuluh darah yang mengakibatkan kecacatan bahkan kematian.

Untuk itu, para pasien harus membutuhkan penanganan yang sangat cepat. "Biasanya pasien yang mengalami stroke mengalami kerusakan pada otak. Karena setiap satu menit dalam serangan stroke 1,9 juta sel saraf mati," tegasnya.

Klik di sini untuk berita stroke lainnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4425 seconds (0.1#10.140)