Gerindra dukung Sutarman

Selasa, 01 Oktober 2013 - 20:15 WIB
Gerindra dukung Sutarman
Gerindra dukung Sutarman
A A A
Sindonews.com - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menyatakan dukungannya terhadap Kabareskrim Komjen Sutarman untuk mengisi posisi Kapolri, menggantikan Jenderal Timur Pradopo.

Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Gerindra Martin Hutabarat mengatakan, penunjukan Sutarman sebagai calon tunggal Kapolri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bukan tanpa alasan jelas. Menurutnya, semua sudah dipertimbangkan matang oleh SBY.

"Meski masih ada pihak yang kurang suka, tapi faktanya keputusan Presiden itu benar adanya, bahwa Komjen Sutarman adalah sosok yang paling tepat menjadi orang nomor satu di Kepolisian RI," kata Martin saat dihubungi wartawan, Selasa (1/10/2013).

Sutarman, sambung Martin, telah memenuhi sejumlah kriteria sebagai Kapolri. Kriteria itu antara lain, bisa dilihat ketika dia pernah menjadi ajudan mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Menurutnya, Gus Dur sosok Presiden yang bisa berdiri di tengah, baik golongan muslim maupun non muslim. Karenanya, Martin yakin Sutarman sebagai mantan ajudan Gus Dur bisa berdiri di tengah dan adil. “Beliau (Sutarman) pasti akan bisa bersikap adil. Tidak berpihak terhadap setiap keadan yang akan diambilnya. Saya yakin beliau pasti bisa," tukasnya.

Martin juga mengklaim, DPR akan menerima Sutarman sebagai calon Kapolri. Sebab, Sutarman sudah dikenal rekam jejaknya sejak menjabat Kapolda. "Sikapnya sangat bijak dan tegas. Begitu juga dengan rekam jejaknya yang tidak terlalu bermasalah," tegasnya.

Ia juga percaya sebagai Kapolri nantinya Sutarman dapat bekerja sama dan bersinergi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam memberangus korupsi. "Termasuk juga menuntaskan kasus teror yang telah merenggut jiwa anggotanya di lapangan," pungkasnya.

Baca juga berita KPK berharap Sutarman berubah.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4190 seconds (0.1#10.140)