DKI juara, DIY raih posisi III di LKS 2013

Senin, 30 September 2013 - 00:08 WIB
DKI juara, DIY raih...
DKI juara, DIY raih posisi III di LKS 2013
A A A
Sindonews.com - Dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat nasional ke-21 tahun 2013, tim dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil mencetak prestasi dengan menjadi juara ketiga. Prestasi yang diraih tersebut meningkat dibandingkan prestasi DIY tahun lalu di lomba yang sama.

"Alhamdulillah, tahun ini kita dapat meningkatkan prestasi dengan menjadi juara ketiga," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji, Minggu 29 September 2013.

"Sedang peringkat pertama diraih DKI Jakarta dan peringkat kedua dari Jawa Tengah. LKS memang merupakan ajang tahunan yang diikuti siswa SMK dari 33 provinsi. Prestasi siswa kami tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu yang hanya menempati peringkat kelima," imbuhnya.

Dikatakan Aji, pada penyelenggaraan LKS kali ini, DIY mengikuti sekira 49 bidang kompetensi dari 52 bidang kompetensi yang dilombakan. Dari bidang kompetensi yang diikuti, siswa SMK DIY menjadi pemenang dengan jumlah perolehan medali sebanyak tujuh emas, enam perak, lima perunggu, delapan pemenang harapan pertama dan lima pemenang harapan kedua.

“Medali emas yang kita peroleh berasal dari kompetensi autobody repair, leather craft, ceramic, textile, painting, mobile robotic dan mechantronic. Sebagian besar kompetisi yang diujikan memang masih berkaitan dengan seni dan budaya. Bidang yang menjadi ciri khas warga DIY," imbuhnya.

Aji berharap, prestasi yang mampu diraih siswa DIY kali ini dapat semakin memperkuat akar budaya bangsa. Selain itu, ia juga mendorong siswa dari kompetensi lain mengembangkan diri secara optimal.

Program yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini direalisasikan, untuk memberi kesempatan siswa SMK menunjukan potensi diri.

Kegiatan ini juga menjadi upaya Kemendikbud mendorong pertumbuhan jumlah SMK dan Sumber Daya Manusia (SDM) dari pendidikan terapan. Perwakilan dari DIY, kata Aji, merupakan pemenang LKS tingkat regional. Pada kompetisi yang diselenggarakan 22-27 September 2013. Setidaknya terdapat 1.650 siswa SMK se-Indonesia dalam LKS 2013.

Pemenang LKS 2013 tingkat nasional selanjutnya akan mengikuti perlombaan tingkat Asia atau Asian Skill. Juara di tingkat Asia ini juga akan mewakili sekolah kejuruan di Asia untuk mengikuti perlombaan tingkat dunia, World Skill yang akan diselenggarakan di Brazil.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7350 seconds (0.1#10.140)