Kemenag: Jemaah haji RI harus pintar menjaga kesehatan

Sabtu, 28 September 2013 - 00:01 WIB
Kemenag: Jemaah haji...
Kemenag: Jemaah haji RI harus pintar menjaga kesehatan
A A A
Sindonews.com – Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengimbau kepada jemaah untuk haji di Mekkah untuk menjaga kesehatan. Jemaah diimbau untuk tepat membeli makanan dan cepat untuk langsung dimakan.

“Kita imbau kepada mereka dan sudah disosialisasikan untuk tepat membeli makan dan tepat pula memakannya,” tandasnya saat ditemui di Rakornas Kemenag di Jakarta, Jumat, 28 September 2013.

Menteri yang akrab disapa SDA itu mengatakan, kasus keracunan makanan terajadi di Mekkah. Para jemaah diberiakan biaya hidup oleh pemerintah sebesar 1.500 real untuk membeli makanan.
“Kita berikan untuk makan para jemaah dan biaya hidup mereka di sana,” ujar dia.

Sementara itu Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Anggito Abimanyu mengatakan pemerintah sudah melakukan sosialisasi dan antisipasi kepada para jemaah untuk berhati-hati memilih makanan yang dikonsumsi.

Menurut dia, kasus tersebut menimpa suatu rombongan kloter SOC III, pada saat itu mereka membeli makan pada malam hari dan baru dikonsumsi pada malam hari. “Nah itu dia yang membuat mereka keracunan. Tetapi kasus ini tidak dapat dianggap kesimpulan, karena kejadian ini baru pertama kali selama berada di sana sekarang,” ujarnya.

Anggito mengimbau kepada para jemaah untuk membeli makanan yang sehat dan jangan makan di pinggir jalan. Selain itu saat membeli makanan harus langsung dimakan. Lanjutnya, untuk mengantisipasinya pemerintah sudah berkoordiansi kepada petugas kesehatan.

“Jadi haji jemaah merasa tidak sehat bisa langsung mendatangi dokter di sektor kesehatan,” imbau Anggito.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6467 seconds (0.1#10.140)