Anis tahu Fathanah perantara Ilham Arif ke PKS

Kamis, 26 September 2013 - 16:58 WIB
Anis tahu Fathanah perantara Ilham Arif ke PKS
Anis tahu Fathanah perantara Ilham Arif ke PKS
A A A
Sindonews.com - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta, mengetahui posisi terdakwa kasus suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian dan tindak pencucian uang, Ahmad Fathanah sebagai perantara dalam meraih dukungan partai saat Ilham Arif Sirajuddin maju di Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan.

"Memang kami tahu beliau (Fathanah) perantaranya Pak Ilham ke PKS," kata Anis saat bersaksi untuk Fatahanah di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (26/9/2013).

Namun, kata Anis, bahwa kewenangan PKS dalam menentukan kriteria calon kepala daerah diserahkan sepenuhnya kepada DPW Sulawesi Selatan. Pengurus pusat hanya bertugas bertugas memutuskan mana calon yang layak.

"Semua proses penentuan calon pemimpin daerah kita serahkan secara otonomi ke DPW untukk mengurusnya. Selanjutnya DPW mengajukan surat ke DPP untuk diserahkan," kata Anis.

Anis pun tak menampik kalau dirinya pernah bertemu dengan Wali Kota Makassar itu. "Tapi tidak ingat berapa kali," ujarnya.

Saat sidang sebelumnya, Ilham Arif sempat mengungkap kedekatan Fathanah dengan petinggi PKS. Ilham menyebut Fathanah orang yang dipercaya Luthfi Hasan Ishaaq dan Anis Matta untuk urusan politik di Makassar. Luthfi dan Anis merupakan struktur tinggi partai PKS saat itu.

Dalam keterangannya saat bersaksi di Pengadilan Tipikor, Kamis 19 September 2013, Ilham mengaku berteman lama dengan Fathanah, namun dirinya tidak mengetahui posisinya di kepengurusan PKS.

"Tapi (Fathanah) dekat dengan pimpinan PKS, dengan Presiden Luthfi Hasan dengan Sekjen Anis Matta," kata Ilham kala itu.

Keyakinan Ilham Arif terkait kedekatan dengan petinggi partai adalah saat Fathanah terlihat sibuk ikut mengurus rapat kerja nasional (Rakernas) PKS di Makassar yang juga dihadiri Luthfi dan Anis Matta.

"Waktu Rakernas di Makassar, beliau (Fathanah) orang paling sibuk mengatur-atur, sehingga semakin yakin beliau dekat dengan PKS," ungkapnya.

Selanjutnya, dalam rakernas tersebut, awal mula Ilham Arif dipertemukan dengan Luthfi dan Anis bermaksud untuk mendapat dukungan dari keduanya. Disitu dibahas pencalonan Ilham Arif untuk Pilgub Sulawesi Selatan.

"Waktu Rakernas para petinggi PKS hadir, Fathanah memfasilitasi ketemu petinggi. Setelah itu komunikasi dengan Fathanah," ucapnya.

Dalam pembicaraan selanjutnya, Fathanah meminta uang Rp10 miliar untuk mendapat rekomendasi dukungan PKS dalam Pilgub.

Namun, disanggupi Ilham Arief hanya Rp8 miliar. Uang itu diserahkan Ilham Arief ke Fathanah secara bertahap dengan cara tunai dan transfer untuk diteruskan ke DPW PKS.

Baca juga berita Kesaksian Anis Matta berseberangan dengan Wali Kota Makassar
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4728 seconds (0.1#10.140)