Ibu hamil wajib perhatikan kesehatan gigi

Kamis, 26 September 2013 - 16:08 WIB
Ibu hamil wajib perhatikan kesehatan gigi
Ibu hamil wajib perhatikan kesehatan gigi
A A A
Sindonews.com - Kewajiban menjaga kesehatan gigi dan mulut ternyata justru makin meningkat pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan kondisi kesehatan gigi dan mulut ibu hamil, dipastikan turut mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan.

"Kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil wajib diperhatikan, bahkan sebelum masa kehamilan. Akan lebih baik jika sejak merencanakan kehamilan, pemeriksaan gigi dan mulut dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan calon ibu," kata Ketua Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Hastoro Pintadi, Kamis (26/9/2013).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengatakan, hasil survei yang dilakukan Badan Kepala Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), mengeluarkan hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012, dijamin akurasinya dan validitasnya.

Agung menjelaskan, hal itu dikarenakan, survei tersebut berbeda dengan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga politik yang belakangan sangat popular di Indonesia.

“Survei politik cenderung tidak objektif, karena publikasi terhadap hasil survei lebih kepada tujuan untuk menaikkan popularitas dan elektabilitas tokoh tertentu,” kata Agung, saat ditemui di Peluncuran Hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012, di Jakarta, Rabu 25 September 2013.

Para petugas survei juga melakukan pendataan tentang angka kematian ibu dan balita, sehingga hasil survei jauh lebih lengkap dan sempurna.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4975 seconds (0.1#10.140)