Kemenkominfo berharap internet digunakan secara bijak

Selasa, 24 September 2013 - 03:02 WIB
Kemenkominfo berharap internet digunakan secara bijak
Kemenkominfo berharap internet digunakan secara bijak
A A A
Sindonews.com - Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Gatot S Dewa Broto mengatakan, pemerintah akan mengadakan Duta Internet Sehat dan Aman (Insan) Indonesia pada 2013.

Menurutnya, Duta Insan 2013 dipilih dan diseleksi dari pelajar diseluruh Indonesia. "Mereka yang terpilih akan menjadi ikon untuk banyak orang terutama remaja seusianya untuk menggunakan internet secara bijak dan dengan positif," kata Gatot, saat ditemui di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Senin 23 September 2013.

Pendaftaran dibuka sejak Juli dan akan ditutup pada 15 Oktober 2013 mendatang melalui situs duta.insan,or.id. Sebanyak 20 orang yang tersaring akan mengikuti pelatihan mengenai materi teknologi dan seputar kebijakan informasi dan komunikasi dari banyak pakar dan praktisi Teknik Informasi di tanah air. "Penobatannya akan berlangsung pada 4 November oleh Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informasi) Tifatul Sembiring," katanya.

Gatot mengatakan, pemilihan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada pengguna internet khususnya generasi muda agar menggunakan internet untuk hal-hal positif. "Dengan menggunakan sesama anak muda sebagai duta, Kemenkominfo mengharapkan sosialisasi akan lebih mudah antar mereka," pungkasnya.

Sebelumnya, Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Ashwin Sasongko mengatakan, Indonesia dapat menjadi pelopor utama dalam membangun etika global dalam internet. "Walaupun masih bersifat imbauan, global etik menjadi penyaring utama informasi yang dapat mengakses Internet di Indonesia khususnya," kata Ashwin saat ditemui di Kantor Kemenkominfo.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7867 seconds (0.1#10.140)