Belanja oleh-oleh haji di Tanah Abang saja

Selasa, 17 September 2013 - 05:25 WIB
Belanja oleh-oleh haji di Tanah Abang saja
Belanja oleh-oleh haji di Tanah Abang saja
A A A
Sindonews.com - Rata-rata jemaah haji perempuan banyak yang mengantongi uang saku dan menghabiskannya untuk berbelanja sebagai buah tangan di tanah air. Tentunya, hal ini mengganggu ibadah jemaah dalam fokus kepada tujuan awal yaitu menjadi haji yang mabrur.

Anggota Komisi VIII DPR Ali Maschan Musa mengatakan, para jemaah haji hanya cukup membawa 1500 real untuk keperluan selama di Arab saudi.

Menurutnya, jemaah dapat membeli oleh-oleh dari Arab saudi seperi sajadah, kurma, mukenah dan air zam-zam di Pasar Tanah Abang Jakarta atau di kota-kota besar. "Disarankan agar jemaah membawa uang yang cukup dan membeli semua yang dijual di Makkah di Tanah Abang saja," kata Ali Maschan, saat dihubungi wartawan, Senin 16 september 2013.

Guna meningkatkan pengamanan, dia melanjutkan, pemerintah bersama DPR menaruh beberapa anggota polisi dan TNI menjadi intelijen guna mewaspadai keamanan jemaah haji. "Pengawasan yang dilakukan intelijen negara sudah dilakukan dua tahun terakhir," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengatakan, kebiasaan berbelanja menghambat kepulangan jemaah haji ke tanah air. Pasalnya, saat berbelanja para jemaah lupa akan waktu yang disediakan petugas.

"Bekal dan belanjaan yang dibawa jemaah banyak menyita waktu, karena banyak barang yang ada di dalam tas dibongkar kembali," kata Suryadharma, saat ditemui di Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Senin 16 September.

Jika hanya sekadar air zam-zam, jemaah sudah disediakan sebanyak lima liter untuk dibawa ke tanah air. "Tapi kebanyakan jemaah tidak cukup, sehingga banyak membeli oleh-oleh untuk tetangga," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9070 seconds (0.1#10.140)
pixels