Pemerintah imbau jemaah haji jaga kesehatan

Selasa, 10 September 2013 - 03:04 WIB
Pemerintah imbau jemaah haji jaga kesehatan
Pemerintah imbau jemaah haji jaga kesehatan
A A A
Sindonews.com - Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Tjandra Yoga Aditama mengatakan, untuk keberangkatan jemaah haji dalam mengantisipasi infeksi virus corona, pemerintah lakukan sosialisasi kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

"Distribusi leaflet dibagikan kepada calon jemaah dan petugas haji yang berisikan pesan untuk menjaga kesehatan dan upaya menghindari kemungkinan tertular di Arab Saudi," kata Tjandra, saat ditemui di Kemenkes, Jakarta, Senin 9 September 2013.

Disamping itu, dipastikan untuk peralatan pendukung seperti thermal scanner dalam kondisi baik dan siap dipergunakan. "Kita masukkan pesan singkat mengenai MERS CoV pada welcome speaking kepada jemaah calon haji yang diberikan oleh KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) saat masuk asrama haji," ucapnya.

Penyebaran secara menyeluruh juga dilakukan melalui banner dan leaflet yang dapat dibaca jemaah untuk menghindari tertularnya virus corona. Menurutnya, jemaah haji harus menjaga pola makan, minum dan istirahat yang cukup selama penerbangan untuk menghindari dehidrasi.

"Penggunaan masker di Arab Saudi harus digunakan karena Kemenkes Arab Saudi melaporkan bertambahnya menjadi empat kasus, dua di antaranya meninggal dan dua di antaranya masih di ICU (intensive care unit)," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6744 seconds (0.1#10.140)