Komponen stem cell dari sel tubuh manusia

Senin, 09 September 2013 - 17:37 WIB
Komponen stem cell dari sel tubuh manusia
Komponen stem cell dari sel tubuh manusia
A A A
Sindonews.com - Dokter Laboratorium Bioteknologi Dermama Spesialis Kulit dan Kelamin, Indah Yulianto menjelaskan, komponen stem cell menggunakan bahan baku dari sel tubuh manusia, seperti plasenta darah, lemak dan kulit.

Stem cell diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk penyakit tidak menular yang banyak memakan korban seperti, kanker, jantung, stroke dan gagal ginjal.

Dengan menyuntikan atau mengoleskan ke bagian tubuh stem cell dipastikan dapat bekerja dengan sendirinya. Untuk itu cara pemakaian dapat disesuaikan dengan katagori penyakit dalam atau luar.

"Stem cell seperti zat yang pintar dia mencari sendiri letak organ tubuh yang sakit dan melakukan penyembuhan," katanya, saat ditemui di Rumah Sakit (RS) Islam Jakarta, Jalan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2013).

Menurut dia, kebutuhan stem cell di Indonesia sangatlah tinggi. Namun, terkendala oleh harga yang tidak terjangkau. Untuk itu, stem cell akan dikembangkan dengan mengambil kebutuhan komponen di dalam negeri agar terjangkau.

"Sambil menunggu hak paten agar Indonesia resmi memiliki stem cell. Sebentar lagi juga akan keluar," jelasnya.

Dengan menggunakan bahan baku standar dari RS seperti PKU Muhammadiyah Solo, RS Muwardi solo dan RS Brawijaya Jakarta yang sebelumnya sudah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. "Tentunya cell tersebut syaratnya harus bebas dari virus, bebas kuman, bebas HIV (Human Immuno Deficiency Virus) dan penyakit lainnya," ucapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4647 seconds (0.1#10.140)