Mahasiswa RI harus siap hadapi ASEAN Community 2015

Jum'at, 06 September 2013 - 14:24 WIB
Mahasiswa RI harus siap hadapi ASEAN Community 2015
Mahasiswa RI harus siap hadapi ASEAN Community 2015
A A A
Sindonews.com - Mahasiswa Indonesia diminta siap bersaing ketat dalam menghadapi Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) Community 2015, agar tak tertinggal dengan negara ASEAN lainnya yang siap menghadapi era perdagangan bebas.

Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail dalam Seminar Program S1 IPDN "Menyongsong ASEAN Community 2015", di Stadium General bagi praja program S1 kampus IPDN, Cilandak, Jakarta Selatan.

Dia mengatakan, Indonesia saat ini menjadi negara yang paling konsumtif dibanding negara ASEAN lainnya. Nur Mahmudi berharap mahasiswa Indonesia mampu bersaing dalam ASEAN Community 2015 dengan menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif.

"Oleh karena itu kita bersama harus berfikir dan masing-masing meningkatkan kualitas diri dalam upaya membangun bangsa. Membuat Indonesia dengan SDM unggul, dan mempunyai ketahanan pangan nasional," ujarnya dalam rilis Humas Pemkot Depok kepada wartawan, Jumat (06/09/2013).

Nur Mahmudi mengatakan bagian-agian yang menjadi perhatian dalam ASEAN Community 2015 diantaranya yaitu peningkatan SDM, ketahanan pangan, dan perlindungan sosial. Nur Mahmudi meminta para mahasiswa untuk memperkuat analisis level perekonomian dan SDM Indonesia yang memiliki potensi nyata dalam memenuhi kebutuhan pangan.

"Indonesia saat ini menjadi pasar dunia, termasuk pasar negara ASEAN. Terkait dengan ketahanan pangan, kami di Depok memiliki program One Day No Rice (ODNR) yaitu sehari tanpa nasi yang merupakan cara bijak untuk hidup sehat dan mencapai ketahanan pangan nasional. Semoga generasi muda mengerti akan peran dan kontribusi yang dapat kita berikan untuk bangsa, jika kita melaksanakan ODNR," tutupnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6315 seconds (0.1#10.140)