Pelajar lebih efektif jadi duta antitembakau

Rabu, 04 September 2013 - 19:29 WIB
Pelajar lebih efektif jadi duta antitembakau
Pelajar lebih efektif jadi duta antitembakau
A A A
Sindonews.com - Muhammadiyah Tobacco Control Centre (MTCC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) gencar melakukan kampanye antirokok. Kali ini MTCC menyasar pelajar sebagai duta antitembakau.

"Pelajar dan mahasiswa adalah agen perubahan yang efektif di masyarakat sehingga kita gandeng mereka untuk kegiatan kampanye antirokok di kalangan pelajar dan mahasiswa. Apalagi yang kita tahu, makin banyak saja pelajar yang mencoba-coba merokok dan akhirnya menjadi perokok aktif," ujar Divisi Pengembangan dan Pelatihan Kader MTCC UMY Dianita Sugiyo Rabu (4/9/2013).

Ditemui di sela-sela seleksi duta antitembakau di AMC, Dianita menuturkan duta antitembakau tersebut akan menjadi wakil MTCC UMY kampanye antirokok di sekolah dan kampus.
Sebagai kawasan pendidikan, upaya pencegahan merokok di kalangan pelajar Yogyakarta sangat penting.

"Diharapkan keberadaan duta antirokok dapat mempercepat kesadaran masyarakat terhadap dampak tembakau bagi kesehatan, sosial dan ekonomi. Selain itu, kemampuan masyarakat untuk menanggulangi dampak merokok juga bakal meningkat," imbuhnya.

Dianita menilai, industri rokok di tanah air berkembang tanpa hambatan. Apalagi saat ini tengah berusaha keras meningkatkan pasar ke lingkungan wanita dan generasi muda. Perokok bukan lagi barang yang dulunya dikonsumsi orang dewasa, namun kini perokok sudah makin merebak dikalangan pelajar dan mahasiswa.

"Bila ini dibiarkan, bisa-bisa generasi muda Indonesia akan terpuruk akibat terpapar bahaya nyata dari merokok," katanya.

MTCC UMY sendiri akan menetapkan tiga pelajar sebagai duta anti tembakau. Proses seleksi dilakukan berdasarkan pengetahuan pelajar mengenai rokok dan bahayanya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6395 seconds (0.1#10.140)