Moeldoko resmi gantikan Agus Suhartono

Rabu, 04 September 2013 - 10:43 WIB
Moeldoko resmi gantikan Agus Suhartono
Moeldoko resmi gantikan Agus Suhartono
A A A
Sindonews.com - Jabatan Panglima Tentara Nasional Indonesia (Panglima TNI) diserahterimakan dari pejabat lama Laksamana TNI Agus Suhartono kepada pejabat baru Jenderal TNI Moeldoko dalam suatu upacara militer di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (4/9/2013).

Sekadar informasi, Jenderal TNI Moeldoko dilantik sebagai panglima TNI oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat 30 Agustus 2013 menggantikan Laksamana TNI Agus Suhartono, yang memasuki masa pensiun pada bulan Agustus 2013.

Pelantikan Jenderal TNI Moeldoko sebagai Panglima TNI didasarkan pada Keppres RI Nomor 50/TNI/2013 tanggal 28 Agustus 2013 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan Panglima TNI.

Dalam sertijab ini, panglima lama Laksamana TNI Agus Suhartono bertindak selaku Inspektur upacara. Sedangkan yang bertindak sebagai komandan upacara adalah kolonel Nav I Nyoman Suadnyana yang sehari-hari menjabat Kepala Dinas Personel (Kadispers) Lanud Halim Perdanakusuma.

Pasukan upacara diikuti oleh 1 kompi upacara Pamen/Pama TNI, 1 Batalyon upacara gabungan (1 kompi Taruna TNI, 1 Kompi Wanita TNI dan 1 kompi Unifi). Kemudian, 1 batalyon upacara POM gabungan (1 kompi Pomad, 1 kompi Pomal dan 1 kompi Pomau).

Lalu, 1 batalyon upacara darat yang terdiri dari 1 kompi Kopassus, 1 kompi Kostrad dan 1 kompi Kodamjaya. Selain itu, 1 batalyon upacara laut yang terdiri dari 2 kompi pelaut dan 1 kompi Marinir.

Di samping itu, upacara ini juga diikuti 1 batalyon upacara udara yang terdiri dari 2 kompi crew TNI AU dan 1 kompi Paskhas serta 1 kompi upacara PNS TNI (1 Peleton PNS AD, 1 peleton PNS AL dan 1 Peleton PNS AU).
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4193 seconds (0.1#10.140)