Kompolnas: Dewi keadilan pun bersedih terhadap Hakim Tipikor

Selasa, 03 September 2013 - 20:47 WIB
Kompolnas: Dewi keadilan...
Kompolnas: Dewi keadilan pun bersedih terhadap Hakim Tipikor
A A A
Sindonews.com - Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Hamidah Abdurrahman mengaku prihatin terhadap keputusan Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang menjatuhi hukuman lebih ringan daripada tuntutan terhadap Irjen Djoko Susilo.

Hamidah menilai Majelis Hakim Tipikor takut memberikan hukuman berat kepada perwira tinggi Polri tersebut yang sudah terbukti melakukan tindak pidana korupsi pengadaan simulator SIM. Menurutnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah bekerja keras untuk mengungkap kasus tersebut, namun Majelis Hakim takut untuk memberikan hukuman berat kepada jenderal bintang dua tersebut.

"Kerja keras KPK nampaknya masih belum terbayar dengan hukuman tersebut, karena kasus Djoko Susilo ini kan benar-benar sebuah perbuatan korupsi yang murni. Semua unsur-unsur Tipikor terpenuhi dalam perbuatan yang dilakukan Djoko Susilo. Memperkaya diri sendiri, menyalahgunakan wewenang, jabatan yang jelas merugikan keuangan negara. Salah satu faktor yang menetukan dalam putusan hakim adalah keyakinan hakim," kata Hamidah dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Hamidah meyakini bahwa keyakinan Majelis Hakim Tipikor dalam memberikan vonis kepada mantan Kepala Korps Lalu Lintas Polri itu wajib dipertanyakan. Pasalnya Djoko Susilo yang seharusnya mendapatkan hukuman berat atas perbuatannya, namun masih diberikan keringanan hukuman.

"Keyakinan hakim ini tidak ada ukurannya, hakim yakin atau tidak itu yang tahu mereka saja. Begitu juga apa yang ada dibalik keyakinan tersebut, hanya mereka yang menentukan. Saya kira dengan pola Djoko Susilo seperti yang terungkap tersebut, dewi keadilan pasti bersedih," ungkap Hamidah.

"Tujuan penghukuman itu ada untuk pembalasan, perbaikan dan bisa kedua-duanya," sambung Hamidah.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3764 seconds (0.1#10.140)