Setum Kolinlamil gelar pembekalan tata kelola arsip

Jum'at, 23 Agustus 2013 - 23:54 WIB
Setum Kolinlamil gelar pembekalan tata kelola arsip
Setum Kolinlamil gelar pembekalan tata kelola arsip
A A A
Sindonews.com - Sekretariat Umum (Setum) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan pembekalan tata kelola arsip, kepada seluruh para Perwira Tata Usaha (Paur TU), di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (23/08).

Menurut Kepala Sekretariat Umum (Kasetum) Kolinlamil Letkol Laut (KH) Muhadi, pembekalan tersebut dimaksudkan dalam rangka menindaklanjuti hasil temuan Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Lengkap Inspektorat Jenderal dan Perbendaharaan TNI AL (Wasrikap Itjenal), yang telah dilaksanakan di Kolinlamil di bidang kesekretariatan.

Dalam pembekalannya Kasetum menekankan kepada para perwira tata usaha di lingkungan Kolinlamil, agar melaksanakan tata kelola kearsipan sesuai dengan ketentuan. Antara lain dalam bidang pencatatan arsip yang harus berpedoman kepada ketentuan yang berlaku.

Lebih lanjut Kasetum juga mengingatkan, sarana pencatatan arsip harus lengkap yang meliputi buku agenda arsip, buku verbal arsip, buku peminjaman arsip dan kartu arsip.

Hal lain yang menjadi penekanan Kasetum selama pembekalan, yaitu tentang tata cara penyimpanan dan penyusunan arsip yang sesuai dengan ketentuan.

Kasetum menambahkan, bahwa pencatatan arsip merupakan kegiatan pertama dari pengelolaan arsip dengan syarat antara lain, teliti dalam penulisan dan dicatat dalam kolom-kolom tersediri dengan benar, lengkap dan jelas dalam pencatatan.

Sehingga dapat dibaca oleh siapapun, kronologis yang diurutkan sesuai dengan datangnya tulisan dinas, dan bersih tidak boleh membubuhkan apapun dalam naskah tulisan dinas.

Dengan diadakannya pembekalan ini, diharapkan hasil temuan Wasrikkap khususnya bidang tata kelola arsip maupun kesekretariatan di lingkungan Kolinlamil, dapat ditindaklanjuti sebagai evaluasi. Sehingga ada keseragaman dan keterpaduan dalam pengelolaannya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5262 seconds (0.1#10.140)