Gerindra siap antisipasi kecurangan di Pemilu 2014

Selasa, 20 Agustus 2013 - 01:31 WIB
Gerindra siap antisipasi kecurangan di Pemilu 2014
Gerindra siap antisipasi kecurangan di Pemilu 2014
A A A
Sindonews.com - Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto dalam halaman facebook resminya mendeklarasikan Gerakan 20 Agustus sebagai upaya untuk mengantisipasi kecurangan sistematis besar-besaran dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

Deklarasi tersebut diserukan oleh Prabowo setelah Satuan Tugas Advokasi Pemilu 2014 Gerindra yang dipimpin oleh Habiburokhman, menemukan adanya potensi pemilih fiktif dan pemilih ganda sampai dengan 50 juta orang.

Angka 50 juta tersebut berasal dari hasil Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang disusun oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) berdasarkan data KTP non-elektronik yang berakhir masa berlakunya pada Desember 2013.

Dalam deklarasi tersebut Prabowo mengajak seluruh rakyat Indonesia serta seluruh kader dan pendukung Partai Gerindra untuk melakukan “Gerakan 20 Agustus”, yaitu dengan datang ke kantor kelurahan setempat pada 20 Agustus 2013 untuk mencermati informasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyatakan, kader dan simpatisan Gerindra siap mensukseskan Gerakan 20 Agustus. "Respon yang kami dapatkan dari kader dan simpatisan Gerindra sangat positif. Insya Allah lebih dari lima juta simpatisan dan kader Gerindra melaksanakan Gerakan 20 Agustus,” kata Ahmad Muzani lewat rilisnya, Senin (19/8/2013).

“KPU menemukan lebih dari 6.000 nama pemilih ganda di Gorontalo. Saya yakin angka yang sebenarnya jauh lebih besar lagi. Ini baru temuan di satu provinsi saja, belum di provinsi lainnya. Saya menyadari bahwa tugas KPU tidak mudah, oleh karena itu Gerakan 20 Agustus ini sangat penting untuk mendukung KPU dalam mewujudkan Pemilu yang jujur dan adil,” tegasnya.

Muzani berpesan kepada kader dan simpatisan Gerindra serta masyarakat, untuk bersikap arif dan bijaksana dalam pelaksanaan Gerakan 20 Agustus. “Saya berpesan kepada masyarakat, untuk bersikap tenang apabila menemukan kejanggalan dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Segala temuan yang saudara dapatkan harus disikapi dengan kepala dingin,” pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0580 seconds (0.1#10.140)