PKS mengelak ditanya sumber dana Munas PKS

Minggu, 18 Agustus 2013 - 01:00 WIB
PKS mengelak ditanya sumber dana Munas PKS
PKS mengelak ditanya sumber dana Munas PKS
A A A
Sindonews.com - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui apapun terkait dengan asupan dana sebesar USD 10 ribu untuk menyelenggarakan Munas PKS.

Direktur PT Indoguna Juard Effendi dalam persidangan Ahmad Fathanah mengungkapkan dana Munas PKS berasal dari perusahaannya.

"Saya tidak tahu, tidak paham soal itu. Saya juga tidak mendengar yang dikatakan (Juard) jadi jangan tanya saya," kata Hidayat saat dihubungi wartawan, Jakarta, Sabtu (17/8/2013).

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa Majelis Hakim Tipikor telah menjatuhkan vonis dua tahun tiga bulan penjara terhadap terdakwa Arya Abdi Effendy dan Juard Effendi yang keduanya adalah petinggi di PT Indoguna Utama. Masing-masing mendapatkan hukuman denda sebesar Rp150 juta subsider 3 bulan kurungan.

Keduanya telah terbukti bersalah dan telah melakukan tindak pidana korupsi suap secara bersama-sama terkait dengan penambahan kuota impor daging sapi PT Indoguna Utama.

Keduanya bersalah karena melakukan suap sebesar Rp1,3 miliar kepada mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaq selaku anggota DPR sekaligus Presiden PKS pada saat itu dan juga kepada Ahmad Fathanah.

Uang sebesar Rp1,3 miliar tersebut adalah uang muka terkait upaya peningkatan kuota impor daging sapi PT Indoguna Utama kepemilikan Maria Elizabeth Liman sebanyak 8000 ton, dimana 8000 ton tersebut adalah fee yang akan diterima oleh LHI mencapai Rp40 miliar jika disetujui oleh Kementan, Siswono. Perhitungannya yakni Rp 5000 per kilogram dari penambahan 8000 ton kuota impor daging sapi.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3902 seconds (0.1#10.140)