Kasus suap Rudi, KPK geledah tiga lokasi

Kamis, 15 Agustus 2013 - 18:57 WIB
Kasus suap Rudi, KPK geledah tiga lokasi
Kasus suap Rudi, KPK geledah tiga lokasi
A A A
Sindonews.com - Untuk melakukan pengembangan kasus suap Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini, penyidik Komisi Pemberantasan Korypsi (KPK) melakukan penggeledahan di sejumlah lokasi yang diduga berkaitan dengan kasus tersebut.

Ketiga lokasi itu adalah kantor SSK Migas, Kesekjenan ESDM dan kantor milik Simon Gunawan Tanjaya di Karnel Oil.
Juru bicara KPK Johan Budi SP mengaku, untuk penggeledahan di Kesekjenan kementerian ESDM penyidik KPK menemukan sejumlah uang sebesar USD200 ribu diruang Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian ESDM.

"Selain beberapa dokumen yang disita, penyidik KPK menemukan 200 ribu dolar Amerika. Uang ini kita temukan diruangan sekjen ESDM," kata Johan, dikantor KPK, Jakarta, Kamis (15/8/2013).

Alasan KPK melakukan penggeledahan di sejumlah tempat termasuk penggeledahan di Kesekjenan ESDM, adalah untuk mencari jejak-jejak keterkaitan Rudi Rubiandini. "Kami ingin mengembangkan kasus ini," tegasnya.

Selain itu, KPK belum bisa menyimpulkan uang ratusan ribu dolar yang ditemukan di ruang Sekjen ESDM tersebut milik siapa. Johan berkilah, KPK masih akan melakukan validasi temuan tersebut. Untuk sementara, uang tersebut telah disita KPK.

"Saya belum mendefenisikan. Sebab masih menunggu laporan lain. Awalnya diduga berkaitan dengan kasus," ujarnya.

Johan menambahkan, KPK menyimpulkan ketiga tersangka telah melakukan transaksi suap. Simon Tanjaya memberikan uang kepada Ardi untuk diberikan kepada Rudi yang notabene sebagai penyelenggara negara, yakni Kepala SKK Migas.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0183 seconds (0.1#10.140)