Jokowi mampu kalahkan strategi politik jejaring sosial

Sabtu, 10 Agustus 2013 - 11:42 WIB
Jokowi mampu kalahkan...
Jokowi mampu kalahkan strategi politik jejaring sosial
A A A
Sindonews.com - Sosok Joko Widodo alias Jokowi dinilai mampu mengalahkan strategi politik melalui jejaring sosial seperti Twitter, Facebook yang belakangan dimanfaatkan politikus untuk menggaet pemilih pemula di Pemilu 2014.

Pengamat Politik dan Kepemiluan dari Sinergi Masyarakat untuk Indonesia (Sigma), Said Salahudin mengakui jejaring sosial banyak digunakan politikus untuk menjaring suara di pesta demokrasi tahun depan.

Kendati demikian, kata dia, sosok politikus seperti Jokowi lebih bisa menjaring suara jika mantan Wali Kota Solo itu maju sebagai calon presiden (Capres) untuk Pemilu 2014.

"Saya kira iya (Jokowi mengalahkan sosial media), Pemilu 2014 menjadi catatan penting yang ditentukan keberhasilan oleh tokoh, bukan partai, ini dampak dari keberhasilan di Pemilukada Jakarta sebagai parameter," kata Said saat berbincang dengan Sindonews di Jakarta, Sabtu (11/8/2013).

Said melanjutkan, memang jejaring sosial menjadi daya tarik bagi politikus untuk mencari suara lantaran memiliki segmentasi pemilih yang tidak sedikit.

"Itu lah personal touch, partai mendekati pemilih segmented, mereka harus membagi, partai masuk pada komunitas seni, anak muda, hobi. Mereka harus masuk lebih pada segmented seperti Facebook, Twitter itu saya rasa ajakan yang punya pengaruh," terangnya.

Namun, dirinya berpendapat kalau unsur ketokohan akan lebih membuat pemilih untuk menjatuhkan pilihannnya. Karenanya, sekali pun politikus tersebut mampu menguasai jejaring sosial yang baik, selama tak memiliki unsur sosok yang diinginkan masyarakat maka bukan tidak mungkin gagal dengan strategi tersebut.

"Seperti Jokowi tadi, memang banyak pengaruh jejaring sosial, tetapi apa yang bisa dibangun melalui jejaring sosial sepanjang tidak tepat sasaran, apa yang disampaikan tidak dibutuhkan maka tidak akan pengaruh kuat," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8477 seconds (0.1#10.140)