Masalah teknis, pelantikan ketua MPR diundur

Kamis, 04 Juli 2013 - 17:57 WIB
Masalah teknis, pelantikan ketua MPR diundur
Masalah teknis, pelantikan ketua MPR diundur
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua MPR RI Hajriyanto Y Thohari menegaskan, pembacaan sumpah Ketua MPR baru, Sidharto Danusubroto, tidak dapat dilakukan pada 5 Juli 2013 namun diubah menjadi hari Senin 8 Juli 2013, pukul 14.00 WIB.

"Tidak ada sesuatu yang serius mengapa (pembacaan sumpah) 8 Juli, semata-mata persiapan teknis dan komunikasi dengan pimpinan fraksi. Semua itu didorong semangat kebersamaan," kata Hajriyanto di DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Lanjut dia, Pimpinan MPR bersama kelompok anggota dan pimpinan Fraksi masih ingin melakukan konsultasi dengan terpilihnya anggota Komisi I itu menggantikan Taufiq Kiemas.

"Pimpinan MPR menyatakan kegembiraan sudah ada calon, tetapi karena ada knsultasi dan komunikasi fraksi dan kelompok anggota untuk memberi tanggapan atas calonnya," ucap dia.

"Intinya menyambut gembira calon yang diajukan PDIP dan mereka katakan akan ditindaklanjuti dan konsulitasi ke induk parpol masing-masing," imbuhnya.

Sementara itu, Pimpinan MPR berencana akan mengundang presiden beserta wakil presiden dan sejumlah kementerian serta lembaga negara.

"Tidak ada pelantikan, Pimpinan MPR yang mengucapkan sumpah dihadapan Pimpinan MPR dihadapan fraksi-fraksi," kata Hajriyanto.

"Sekarang karena itu Senin akan disiapkan segala sesuatunya kepada lembaga tinggi negara DPR, DPD, MA, MK, BPK, KY, Presiden dan Wapres. Nah mengenai kehadirannya kita tunggu konfrmasi," pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Fraksi PDIP untuk MPR RI Ahmad Basar mengatakan jika pembacaan sumpah Sidharto akan dilakukan pada 5 Juli 2013.

"Disepakati akan dilantik dan diambil sumpah pada 5 Juli 2013, besok, akan dilakukan pada pukul 10 pagi hingga 11 siang, dan telah membuat surat undangan pimpinan fraksi," kata Basarah di tempat yang sama.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1661 seconds (0.1#10.140)