Dewan Pers sebut media tak terikat soal independensi

Rabu, 26 Juni 2013 - 14:40 WIB
Dewan Pers sebut media tak terikat soal independensi
Dewan Pers sebut media tak terikat soal independensi
A A A
Sindonews.com - Ketua Dewan Pers Bagir Manan menilai, sikap netralitas dan independensi media terhadap pemberitaan politik yang berkembang sekarang, diakui kurang berimbang.

Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) ini mengatakan, independensi yang terjadi disebagian media di Indonesia cenderung terjebak kepada kepentingan politik. Namun, terkait independensi media, pihaknya menganggap media tak harus netral dalam menentukkan pilihan.

"Independensi itu pengertiannya tak serba netral. Tapi independensi dari demokrasi mengandung makna bebas memilih. Media berhak memilih," kata Bagir, di Hotel Arya Duta, Tugu Tani, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2013).

Lebih lanjut Bagir mengatakan, untuk tetap menjaga independensi media, maka setiap pelaku atau pemilik media berhak mengambil peran dalam pemberitaan politik yang berkembang.

Namun begitu, media selain sebagai media penyampai informasi dan berita, fungsi media juga menjadi sorotan publik sehingga dibutuhkan sikap independensi untuk menjaga simpati masyarakat. "Tapi, dia (media) harus mengingat lembaga publik harus independen," jelasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8758 seconds (0.1#10.140)