Pesan Dewan Pers buat pimpinan parpol

Rabu, 26 Juni 2013 - 13:54 WIB
Pesan Dewan Pers buat pimpinan parpol
Pesan Dewan Pers buat pimpinan parpol
A A A
Sindonews.com - Ketua Dewan Pers Indonesia Bagir Manan menilai aktivitas politik yang berujung tindak kekerasan terhadap jurnalis menjadi tanggung jawab pemimpin partai politik (parpol).

Hal itu ditegaskan Bagir saat menghadiri diskusi publik yang diadakan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, di Ballroom Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat. Menurutnya, demokrasi harusnya tidak menghalalkan segala cara termasuk dengan menggunakan kekerasan. Demokrasi menurutnya, harus menjamin keselamatan semua lapisan masyarakat.

"Siapa yang harus bertanggung jawab? Para pemimpin parpol yang dapat menanamkan, agar tak boleh ada kekerasan seperti itu," kata Bagir, di Ballroom Hotel Arya Duta, Jakarta, Rabu (26/6/2013).

Dia mencontohkan, dalam meliput aksi demonstrasi, terkadang pelaku jurnalis ini tidak mengidahkan kondisi keamanannya. Sehingga tidak jarang awak media tersebut menjadi korban dalam aksi tersebut.

Hal yang penting, kata Bagir, pemimpin parpol harus memiliki kedewasaan dalam berpolitik. Selain itu, pemimpin parpol juga harus mampu memberikan pelajaran berpolitik bagi kader-kadernya, sehingga tidak harus menggunakan kekerasan dalam mencapai tujuan politiknya.

"Kalau dilihat dari sudut pelaku kekerasan, itu karena kedewasaan politik yang masih rendah. Satu pihak kita ingin demokrasi, di lain pihak mengalalkan kekerasan. Itu satu kontradiksi," ujarnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7625 seconds (0.1#10.140)