Kandidat calon anggota BPK rata-rata tak layak

Minggu, 23 Juni 2013 - 15:34 WIB
Kandidat calon anggota BPK rata-rata tak layak
Kandidat calon anggota BPK rata-rata tak layak
A A A
Sindonews.com - Berdasarkan hasil penelusuran rekam jejak melalui metode wawancara dan penelusuran media yang dilakukan Komite Pemilih Indonesia (TePI) , kandidat calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang ada saat ini banyak yang bermasalah dan tidak layak. Beberapa di antaranya bahkan, pernah tersangkut perkara korupsi.

"Banyak calon anggota BPK yang saat ini bermasalah dan juga cacat integritas, oleh sebab itu kita menilai bahwa calon-calon tersebut tidak layak," kata Direktur TePI, Jeiry Sumampow dalam acara diskusi dengan tema 'Mengkritisi Calon Anggota BPK Terpidana Korupsi, catatan proses seleksi dan masalah lainnya di Dapur Selera, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (23/6/2013).

Menurut Jeiry cacatnya integritas calon anggota BPK, dikarenakan terdapat beberapa calon yang memiliki track record buruk seperti pernah terlibat skandal korupsi dan tidak jujur.

Padahal, lanjut Jeiry, integritas dan kejujuran adalah prasyarat utama untuk menjadi calon anggota BPK. "Integritas harus dikedepankan karena hal tersebut menjadi prasyarat utama untuk para calon anggota BPK," tandasnya.

Seperti yang diketahui, 25 Juni nanti, DPR RI khususnya Komisi XI akan memilih satu orang untuk menjadi anggota BPK setelah melalui proses fit and propertest di DPD RI.

Sampai saat ini sudah terkumpul 22 nama kandidat calon anggota BPK yang akan menggantikan Ruki. Ruki sebelumnya adalah Anggota Keuangan Negara (AKN) II.

Posisi Ruki tersebut sangat strategis di BPK dan memiliki kewenangan untuk melakukan audit ekonomi terhadap Bank Indonesia (BI), Kementrian Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6386 seconds (0.1#10.140)