Indonesia gagal lobi Pemerintah Arab Saudi

Minggu, 23 Juni 2013 - 11:09 WIB
Indonesia gagal lobi Pemerintah Arab Saudi
Indonesia gagal lobi Pemerintah Arab Saudi
A A A
Sindonews.com - Indonesia belum mendapat kesempatan untuk bernegosiasi dengan Pemerintahan Arab Saudi soal pengurangan kuota haji 2013 sebanyak 20 persen.

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengatakan, Pemerintah Arab Saudi berkenan menerima Pemerintah Indonesia untuk bernegosiasi soal itu.

"Harusnya saya berangkat siang kemarin (Sabtu, 22 Juni 2013) tetapi ditunda karena belum ada jawaban dari Pemerintah Arab Saudi. Sampai saat ini belum ada yang menerima saya," terangnya
saat prescon di VIP Room Bandara Soekarno Hatta, Minggu (23/6/2013).

SDA menambahkan, Menteri Haji Arab Saudi Bandar Bin Muhammad Haiiar dalam suratnya mengatakan keputusan yang diberikan oleh pemerintah Raja Arab Saudi adalah final.

"Surat itu disampaikan oleh Duta Besar Arab Saudi bahwa rencana permohonan Pemerintah Indonesia untuk menambah kuota 30 ribu tidak dikalbulkan lantaran ada kebjakan pemotongan 20persen," ujar SDA.

Dalam surat permohonan tersebut, lanjut dia Indonesia menyebutkan dampak resiko kerugian yang dialami pemerintah dalam penyelenggaraan haji reguler dan haji khusus sebesar Rp800 miliar.

Selain itu kita juga menyesalkan bahwa keterlambatan Pemerintah Arab Saudi mengumumkan pemotongan kuota.

"Pemerintah Indonesia jamaah hajinya banyak maka sudah kita siapkan dari awal. Banyak yang sudah dibayarkan seperti transportasi, pemondokan, katring dan maskapai penerbangan," tegas dia.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6281 seconds (0.1#10.140)