Jelang kenaikan harga BBM, Polri siapkan pasukan

Jum'at, 21 Juni 2013 - 17:28 WIB
Jelang kenaikan harga BBM, Polri siapkan pasukan
Jelang kenaikan harga BBM, Polri siapkan pasukan
A A A
Sindonews.com - Menjelang pengumuman secara resmi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, Mabes Polri menyiagakan pasukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Roni F Sompie mengatakan pasukan itu dikerahkan untuk menjaga objek vital seperti Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

SPBU dinilai memiliki potensi kerawanan tindakan penyimpangan BBM dan kerusuhan masyarakat.

"Saat ini masih melaksanakan operasi Dian 2013, antisipasi adanya unjuk rasa anarkis, seperti aset-aset Pertamian, SPBU, kilang Depo, alat transportasi tetap jadi target operasi untuk diamankan," terang Ronny di Kantor Divisi Humas Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jum'at (21/6/2013).

Ronny mengharapkan partisipasi masyarakat berperan serta membantu Polri menjaga keamanan dari aksi penolakan kenaikan harga BBM.

"Tujuan unjuk rasa kan menyampaikan aspirasi. Tapi tanpa rusak fasilitas negara, termasuk fasilitas pribadi.
Untuk pengamanan dalam rangka jelang keputusan pemerintan tentang penyesuaian harga BBM, kita berharap agar bisa kita bersinergi," tegasnya.

Untuk pengamanan diserahkan kepada masing-masing Polda. Sebab, ancaman dan kerawanan setiap daerah berbeda-beda.

"Pengamanan khusus setelah pengumuman akan disesuaikan jumlah anggota dan prioritas SPBU mana yang kemungkinan akan jadi sasaran Unjuk rasa atau tindakan anarkis," paparnya.

Terkait adanya antrean panjang di setiap SPBU, pasca pengumuman kenaikan harga BBM, Ronny mengaku, jajaran Kepolisian mulai dari tingkat Polsek, Polres, Polda hingga Polri sudah melakukan antisipasi.

"Untuk hal itu, kami akan koordinasi dengan yang berkompeten, terutama dengan Pertamina," tandas Ronny.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6393 seconds (0.1#10.140)