Tak hadir, ribuan peserta SBMPTN gugur

Selasa, 18 Juni 2013 - 20:27 WIB
Tak hadir, ribuan peserta SBMPTN gugur
Tak hadir, ribuan peserta SBMPTN gugur
A A A
Sindonews.com - Ribuan peserta ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Panitia Lokal 80 Universitas Negeri Makassar(UNM), tidak hadir pada hari pertama kemarin.

Dari data berita acara yang telah direkap panitia pada pukul 19.37 Wita, jumlah calon mahasiswa baru mencapai 1.299 orang yang meliputi sain dan teknologi (Saintek) 259 orang, sosial dan hukum (soshum) sebanyak 542 orang, dan campuran sebanyak 498 orang.

“Mereka tidak hadir tanpa alasan yang jelas, tanpa pemberitahuan resmi kepada panitia, sehingga dengan sendirinya langsung dinyatakan gugur,” ungkap Rektor UNM Prof. Arismunandar, Selasa (18/6/2013).

Dia mengatakan, ketidakhadiran peserta SBMPTN diduga akibat adanya kebijakan pusat yang menerapkan waktu pendaftaran ulang calon mahasiswa baru, yang dinyatakan lulus dalam jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bersamaan dengan pelaksanaan ujian tulis SBMPTN.

Hal ini untuk menghindari pengisian doble kuota oleh calon mahasiswa baru yang sama. Jika calon mahasiswa baru mengikuti ujian SBMPTN, maka otomatis yang bersangkutan tidak bisa melakukan proses pendaftaran ulang, sehingga dianggap mengundurkan diri dari kursi yang telah diperoleh dari jalur SNMPTN.

Sementara itu, terkait ketidak hadiran peserta dalam pelaksanaan SBMPTN di Panlok 82 Universitas Hasanuddin (Unhas). Wakil Rektor I Unhas Prof Dr Dadang Ahmad Suriamiharja mengatakan, belum bisa memastikan jumlah peserta yang tidak ikut. Pasalnya nama-nama peserta langsung dicatat dalam absen yang disatukan dengan amplop lembaran jawaban, sehingga sangat rahasia.

“Jadi pengawas langsung menulis jika ada peserta yang tidak hadir dan dimasukkan dalam amplop lembar jawaban, kemudian langsung di kirim ke Surabaya. Jadi kami tidak membuka lagi ataupun mencatatnya, nanti di sistem komputer yang mencatat,” jelas Dadang, saat dihubungi, Selasa (18/6/2013).

Meski demikian, jumlah peserta pun diyakini tidak hadir 100 persen Sebab saat pemantauan di Unhas dan beberapa sekolah kemarin, terdapat juga beberapa bangku kosong yang tidak diisi peserta. Jumlah peserta tahun ini yang terdaftar di kepanitiaan SBMPTN Unhas sebanyak 23.74 peserta. Jumlah ini akan memperebutkan 30 persen dari total kuota penerimaan mahaiswa baru untuk tahun ajaran 2013/2014 atau 1.500 kursi.

Pelaksanaan ujian dilakukan di 12.000 ruang ujian baik yang ada di Unhas maupun sekolah-sekolah yang tersebar dari pusat kota Makassar sampai ke Sudiang. Tenaga pengawas yang disiapkan satu ruangan dua pengawas.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6201 seconds (0.1#10.140)