Rusuh di KJRI Jeddah, akibat mafia TKI

Selasa, 11 Juni 2013 - 08:20 WIB
Rusuh di KJRI Jeddah, akibat mafia TKI
Rusuh di KJRI Jeddah, akibat mafia TKI
A A A
Sindonews.com - Kerusuhan yang terjadi di Depan Gedung Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jalan Al Rehab Distrik, Jeddah, Arab Saudi, buntuk dari provokator yang merasa dirugikan dengan adanya pelayanan amnesti atau pemutihan.

"Mereka yang memprovokasi merupakan kalangan penampung TKI yang tidak berdokumen di Arab Saudi dan sejauh ini memperoleh keuntungan dari keberadaan para TKI tidak berdokumen atau illegal. Itulah para mafia TKI," kata Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Mohammad Jumhur Hidayat saat dihubungi Sindonews, Selasa (11/6/2013).

Jumhur juga mengatakan, pelaku provokasi merupakan orang Indonesia yang mencari keuntungan dari para TKI illegal. Maka itu, kata dia, seharusnya satu bangsa jangan menyengsarakan saudaranya sendiri.

"Padahal yang melakukan itu orang Indonesia, seharusnya jangan mereka berbuat seperti itu (memprovokator) hanya demi uang," pungkasnya.

Pada kesempatan itu dia menambahkan, berdasarkan pengumuman pemerintah Arab Saudi, program amnesti bagi warga negara asing tidak berdokumen atau ilegal mulai 11 Mei hingga 3 Juli 2013.

"Adanya waktu tersebut, seharusnya TKI bisa bergantian dan ngantri. Tetapi karena ada provokator yang sengaja membuat hal tersebut jadi (kerusuhan) seperti itu," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5433 seconds (0.1#10.140)