Tumbuhkah nasionalisme lewat Sang Kiai

Jum'at, 07 Juni 2013 - 20:22 WIB
Tumbuhkah nasionalisme lewat Sang Kiai
Tumbuhkah nasionalisme lewat Sang Kiai
A A A
Sindonews.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Depok membidik generasi muda untuk menonton bareng film Sang Kiai. Setidaknya sejumlah bioskop XXI di Depok sengaja dipesan.

"Sengaja kita ajak masyarakat untuk mendapatkan hiburan yang bernilai wawasan kebangsaan. Nonton film Sang Kiai ini bisa menimbulkan semangat nasionalisme. Banyak hal yang di dapat. Apalagi, banyak juga saat ini film hanya bersifat hiburan dan ga jelas maksudnya apa," terang Ketua DPC PKB Depok M Fuad, saat ditemui di XXI Detos, Margonda, Depok, Jumat (7/6/2013).

Fuad mengungkapkan, pihaknya sengaja membooking bioskop di detos dan Mal Cinere untuk nobar film Sang Kiai. Menurutnya, dalam film itu mengajarkan nilai aqidah dan kebangsaan.

Pasalnya, selama ini sebagian orang ada yang memahami nasionalisme sebatas Aqidah saja dan bukan dalam pemaknaan luas. Padahal, masyarakat Indonesia sangat plural dan heterogen. "Minimal disini, NU (Nahdlatul Ulama) dan para orang tua kita punya saham dalam perjuangan kemerdekaan. Seharusnya tak termarjinalkan," jelasnya.

Hal senada diutarakan Sekretaris Dewan Syuro PKB Depok Idham Darmawan, mengaku antusias dengan film tersebut. Pasalnya, dengan menonton film itu ada banyak pesan di dalamnya diantaranya tentang pelurusan sejarah.

Untuk itu, generasi muda saat ini harus melihatnya sebagai ajang hiburan sekaligus penambah wawasan. "Tapi perlu diingat, bukan berarti ini adalah ajang penggiringan massa, " paparnya.

Menurutnya, dari data DPP PKB setidaknya telah membagikan 100 ribu tiket gratis untuk film itu. Pemutarannya di 116 bioskop di Jabodetabek dan Bandung. Selain itu, juga di daerah Jawa Timur. "Kita berharap, masyarakat agar mengenal perjuangan mempertahankan kemerdekaan," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7110 seconds (0.1#10.140)