Tekan HIV-Aids, KPA bermitra dengan Menakertrans

Kamis, 06 Juni 2013 - 14:05 WIB
Tekan HIV-Aids, KPA bermitra dengan Menakertrans
Tekan HIV-Aids, KPA bermitra dengan Menakertrans
A A A
Sindonews.com - Untuk menekan penyakit HIV-Aids di kalangan tenaga kerja Indonesia (TKI), Komisi Penanggulangan Aids (KPA) melakukan upaya pendampingan ke Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) selaku mitra kerja KPA.

Selain menyiapkan sosialisasi, KPA berencana melakukan deteksi dini penderita HIV-Aids dari kalangan TKI. Caranya bisa berupa tes darah menjelang keberangkatan dan kepulangan TKI.
Sekretaris I Tenaga Penuh Waktu KPA Solo Harsojo Soepodo mengatakan, melalui penjajakan ini diharapkan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) turut mendukungnya.

“Penjajakan akan dimulai pekan depan ke Dinsosnakertrans. Kami sudah mempersiapkan narasumber, yakni testimoni dari TKI yang terkena virus itu (HIV-Aids). Kalau ini disetujui, KPA provinsi akan meneruskannya ke BNP2TKI dengan pendampingan yang lebih masif,” ucap Harsojo kepada wartawan, Kamis (6/6/2013).

Diketahui, hingga akhir 2012, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BPN2TKI) mencatat, sekira 500.000 TKI mencari penghidupan di luar negeri. Dari jumlah tersebut, 52 persen atau sekira 260.000 TKI membidik sektor formal. Sementara sisanya, yakni 48 persen atau sekira 240.000 TKI, memilih sektor informal untuk mengadu nasib. Sedangkan di Jawa Tengah, porsi TKI jalur informal mencapai 55 persen.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3108 seconds (0.1#10.140)