Wamenkes: Awasi penderita tuberkulosis

Minggu, 02 Juni 2013 - 01:32 WIB
Wamenkes: Awasi penderita tuberkulosis
Wamenkes: Awasi penderita tuberkulosis
A A A
Sindonews.com - Untuk mencapai target Indonesia bebas tuberkulosis pada tahun 2050, Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti meminta agar petugas medis dan keluarga intens mengawasi penderita.

Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti mengatakan, seharusnya penderita Tb dan meninggalnya penderita TB dapat ditekan, karena obat TB saat ini bisa didapat secara gratis.

Selain itu banyaknya rumah sakit dan petugas kesehatan seperti dokter spesialis dan perawat yang dapat membantu pasien TB melakukan pengobatan.

Untuk itu, pemerintah membuat Pengawas Minum Obat (PMO) agar memantau penderita TB supaya teratur meminum obat.

“Ini dilakukan agar mereka tidak resisten dan juga dapat teratur minum obat minimal 6 bulan pertama karena itu adalah wajib,” tandasnya saat ditemui di Jakarta, Sabtu (1/6/2013).

Menurutnya, banyak diantara mereka yang sudah merasa lebih baik lalu tidak melanjutkan minum obat, akibatnya banyak yang penderita TB yang harus berusaha payah menyembuhkan diri mereka bahkan sampai meninggal dunia.

Lebih lanjut, dia mengatakan, banyak masyarakat yang tidak terlalu peduli akan kesehatan, salah satunya menjaga kesehatan akan terhindar dari penyakit TB.

Menurutnya, 450.000 kasus penyakit setiap tahunya salah satu yang terbesar dikarenakan TB, ditambah dengan meningkatnya penderita HIV sehingga memicu terinveksinya TB-HIV.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4477 seconds (0.1#10.140)