Kemensos bedah rumah lansia terlantar

Selasa, 28 Mei 2013 - 01:27 WIB
Kemensos bedah rumah lansia terlantar
Kemensos bedah rumah lansia terlantar
A A A
Sindonews.com - Kementerian Sosial (Kemensos) lakukan bedah rumah lanjut usia (lansia). Hal ini diwujudkan Kemensos sebagai kepedulian terhadap usia lanjut yang terlantar.

Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Aljufri mengatakan, keluarga adalah tempat untuk para lanjut usia(lansia). Untuk itu Kemensos mulai dengan membedah 20 rumah di Kecamatan Citeureup dari 100 rumah direncanakan dengan bantuan masing-masing Rp10 juta.

"Kemensos melakukan bedah rumah bagi lansia ini tidak hanya terbatas bagi terlantar saja. Bagi para lansia mantan perintis kemerdekaaan, mantan pejuang kemerdekaan. Mereka orangtua dan mereka berjasa mendirikan bangsa dan negara," ucapnya kepada wartawan, Senin (27/5/2013).

Menurutnya, data pada Direktorat Pelayanan Lanjut Usia Kemensos menyebutkan, saat ini terdapat 18.043.717 penduduk berusia lanjut. Lanjut usia terlantar 2.851.606 orang dan rawan terlantar 4.658.280 orang. Hal ini dikarenakan banyak faktor dikarenakan mulai dari faktor ekonomi, gaya hidup maupun faktor budaya.

Saat ini, permasalahan kesejahteraan sosial beragam dan membutuhkan strategi dan tangan terampil mengatasinya. Cara klasik dan sektoral harus dikoreksi dengan cara integral dan holistik. Kemensos optimis, bisa melaksanakan dengan baik karena didukung lembaga kesejahteraan sosial (LKS) serta tenaga tenaga terlatih.

“Kemensos mendata dan melakukan verifikasi rumah-rumah lansia tidak layak huni secara spesifik kamarnya, karena memang perlu rancangan khusus disesuaikan sudut pandang psikologis," tegas Mensos.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5011 seconds (0.1#10.140)