Usung pesohor, parpol tak pede dengan kadernya

Minggu, 28 April 2013 - 09:03 WIB
Usung pesohor, parpol tak pede dengan kadernya
Usung pesohor, parpol tak pede dengan kadernya
A A A
Sindonews.com - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menyoroti banyak hal terkait calon-calon yang diajukan partai politik (parpol) dalam penetapan daftar calon sementara (DCS). Seperti yang banyak beredar sejauh ini, sejumlah parpol mengusung sejumlah pesohor entah itu artis, atlet, dan pejabat.

Peneliti Formappi Lucius Karus menilai, hal itu merupakan cara parpol mencari kemudahan demi meraih dukungan dalam Pemilu 2014 mendatang. Bahkan, parpol tak sungkan-sungkan menempatkan para pesohor itu pada urutan pertama pada di setiap daerah pemilihan (dapil).

"Para pesohor ini menempati nomor awal di daftar caleg menggusur kader yang mungkin sejak awal sudah mengikuti proses kepartaian," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Minggu (28/4/2013).

Menurutnya, langkah yang ditempuh parpol dengan mengusung para perlu dipertanyakan. Tindakan itu dinilainya telah merendahkan kader yang sudah lama berkeringat membangun partai.

"Ini menunjukkan parpol tak percaya diri dengan kader-kadernya sendiri. Atau malah harus dipertanyakan kerja partai tidak maksimal dalam melakukan kaderisasi," kata dia.

Seperti diketahui, dalam daftar calon sementara (DCS) yang sudah diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), hampir semua parpol menyertakan artis dalam jajaran calon legislatif (caleg) mereka di antaranya Yenny Rahman dan Dede Yusuf (Partai Demokrat),Yessy Gusman dan Edo Kondologit (PDIP), Katon Bagaskara dan Ari Lasso (Partai Golkar), Mat Solar dan Angel Lelga (PPP), Arzetti Bilbina dan Akrie ‘Patrio’ (PKB), Lisa Natalia dan Gisel (PAN), David Chalik dan Andre Hehanusa (Hanura), serta Irwansyah dan Helmalia Putri (Gerindra).
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8250 seconds (0.1#10.140)