Caleg bermasalah diminta tahu diri

Selasa, 23 April 2013 - 18:20 WIB
Caleg bermasalah diminta tahu diri
Caleg bermasalah diminta tahu diri
A A A
Sindonews.com - Bakal calon anggota legislatif (Caleg) yang bermasalah dan ikut mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pemilu 2014 diminta untuk tahu diri. Yang bersangkutan diharapkan mengurungkan niatnya ikut dalam bursa pencalonan.

Menurut Pengamat Politik LIPI, ada etika politik yang harus bisa dijaga oleh setiap politikus, termasuk mengenai pencalonan sebagai caleg untuk pesta demokrasi tahun depan.

"Ini poin bagus, jadi dalam berdemokrasi kita juga punya landasan budaya politik, tolong jangan diretakkan, nilai-nilai malu dan tahu diri ini bagian dari nilai-nilai budaya kita," kata Zuhro di Gallery Cafe, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2013).

Lebih lanjut, kata dia, mereka yang secara sadar paham memiliki masalah dan tak semestinya ikut daftar sebagai caleg. Menurutnya, orang-orang tersebut harus bisa mengerti situasi masyarakat dan permasalahan bangsa.

"Dan nilai-nilai empati ikut merasakan apa yang dirasakan adalah nilai leluhur kita dan jangan diretakkan," cetusnya.

Kendati demikian, wanita yang akrab disapa Wiwiek ini berharap tidak hanya individu yang secara sadar untuk tidak mencalonkan diri sebagai Caleg. Namun, partai politik sebagai kendaraan politik mereka juga dapat menjaring calon bermasalah.

"Betul, artinya dalam membangun demokrasi harus ada rekrutmen kader yang amanah," tuntasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6401 seconds (0.1#10.140)