Tingkat keberhasilan pengobatan TB di Indonesia 90 persen

Kamis, 18 April 2013 - 16:17 WIB
Tingkat keberhasilan pengobatan TB di Indonesia 90 persen
Tingkat keberhasilan pengobatan TB di Indonesia 90 persen
A A A
Sindonews.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi mengatakan, tingkat keberhasilan pengobatan Tuberkolosis (TB) lebih dari 90 persen. Namun, tingkat deteksi kasus TB baru di atas 70 persen.

Lanjut dia, dengan pengolahan program pengendalian TB yang efektif yaitu strategi Directly Observed Treatmen Short-course (DOTS) yang sudah digunakan lama.

"Indonesia dianggap membuat kemajuan besar dalam pengendalian TB dengan memperkenalkan teknologi diagnostik GeneXpert," tandas Menkes saat ditemui di Kantor Kemenkes, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Menurutnya, perkembangan ini telah membuat perbaikan bagi pasien untuk mendapatkan akses diagnosis TB-Multi Drug Resistant (TB-MDR). Saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara yang mempelopori agar target universal access untuk TB-MDR masuk kedalam kebijakan nasional.

"Ada Indikasi bahwa di tahun-tahun mendatang program Program Multi Druh Resisten TB (PMDT) akan diakui sebagai model dan praktik yang baik sebagai masukan untuk negara lain," ujarnya.

Nafsiah menambahkan, WHO menyatakan TB merupakan permasalahan dunia pada awal 1990 sampai saat ini belum ada negara yang bebas dari TB. Banyak hal yang merugikan penderita TB diantaranya tidak bisa bekerja dan melanjutkan pendidikan serta banyak dari keluarga dan teman dalam menghadapi stigma.

"Padahal TB bisa dieliminasi melalui pengutan dibidang penelitian dan diteksi dini, kemitraan dan akses pengobatan yang lebih baik. Yang paling penting adalah rajin minum obat dan patuh," tegasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1905 seconds (0.1#10.140)
pixels