Suswono di Jateng, Tifatul di Sumut

Selasa, 16 April 2013 - 18:07 WIB
Suswono di Jateng, Tifatul...
Suswono di Jateng, Tifatul di Sumut
A A A
Sindonews - Dua dari tiga menteri Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terdaftar dalam bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, mereka adalah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring dan Menteri Pertanian (Mentan) Suswono.

Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid menyampaikan, pencalegan kedua tokoh PKS itu bukan keinginan mereka, namun lebih kepada permintaan di internal PKS.

"Pak Suswono dari Jawa Tengah (Jateng) 10, seperti Pekalongan, Tegal dan Tifatul dari Sumatera Utara (Sumut) satu. Dan itu juga tidak dicalegkan, dari tiga menteri cuma dua, yang satu tidak," kata Hidayat di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2013).

Dia mengatakan, wajah-wajah lama dalam bacaleg yang mereka ajukan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) merupakan hasil kaderisasi, termasuk dua menteri tersebut. "Kemudian jika ada wajah lama itu adalah proses kaderisasi dari PKS," jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS, M Taufik Ridho menjelaskan, dari tiga kader PKS yang menjadi menteri, dua di antaranya dipastikan menjadi caleg.

Keduanya adalah Menkominfo Tifatul Sembiring dan Mentan, Suswono maju di Dapil Jawa Tengah. Menurut Taufik Ridho, tidak ada aturan KPU yang melarang menteri maju sebagai caleg. "Untuk menteri secara normatif tidak ada aturan," ujar Ridho saat konferensi pers di ruang Fraksi PKS Nusantara 1, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa 9 April 2013.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1521 seconds (0.1#10.140)