Amankan IT, KPU gandeng Lemsaneg

Senin, 15 April 2013 - 16:14 WIB
Amankan IT, KPU gandeng Lemsaneg
Amankan IT, KPU gandeng Lemsaneg
A A A
Sindonews.com - Selain bekerja sama dengan Badan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkoinfo), Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga menggandeng Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk mengamankan informasi teknologi (IT).

"Kominfo akan kita minta melihat IT yang akan kita kembangkan aman. Nanti kita akan meminta kelompok dukungan dari BPPT, Menkominfo, Lembaga Sandi Negara, ikut memberikan keamanan di situ (IT KPU)," jelas Sekretaris Jendral (Sekjen) KPU, Arif Rahman Hakim di Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2013).

Arif Rahman berharap tim pengamanan yang mereka bentuk dapat segera mengembangkan IT KPU. IT itu digunakan untuk pemutakhiran data pemilih, sistem aplikasi pencalonan legislatif, aplikasi penghitungan suara, dan logistik

"Diharapkan untuk pengembangan sudah selesai tahun ini. Sistem tahun ini yakni sistem aplikasi tahapan meliputi pemutakhiran data pemilih, sistem aplikasi pencalonan legislatif, aplikasi penghitungan suara, dan logistik. Karena semua operasional ke PPS dan PPK atau paling tidak sampaik ke PPK," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU mengalokasikan anggaran senilai Rp40 miliar untuk pengembangan dan keamanan IT.

"Salah satu pengadaannya menyiapkan IT tahapan Pemilu mulai sidalih, sistem pencalonan. Seluruh IT sekitar Rp 40 miliar. Seluruh IT untuk tingkat KPU Pusat, kabupaten atau kota," terangnya.

"Sekarang sedang berjalan. Sekarang sedang melihat jaringan data center, keamanan serangan hacker. Tata kelola yang paling penting, tatakelola IT adalah KPU," imbuhnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8245 seconds (0.1#10.140)