Mei diperkirakan Indonesia masuk musim kemarau

Selasa, 09 April 2013 - 16:37 WIB
Mei diperkirakan Indonesia masuk musim kemarau
Mei diperkirakan Indonesia masuk musim kemarau
A A A
Sindonews.com - Berdasarkan penelitian dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, sebagian besar wilayah di Indonesia akan memasuki musim kemarau sekira Mei hingga Juni.

Kepala BMKG Sri Woro B Harijono menjelaskan, presentase peluang musim kemarau di kedua bulan ini berkisar antara 64,6 persen di Mei dan 87,1 persen di Juni.

"Hasil evaluasi BMKG hingga tanggal 8 April 2013 menunjukkan bahwa daerah-daerah yang telah memasuki musim kemarau meliputi Aceh bagian utara, Maluku tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Nusa Tenggara Barat (NTB) bagian timur," kata Sri Woro B Harijono, di Kantor Pusat BMKG, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2013).

Sri Woro mengungkapkan, dari hasil evaluasi BMKG tersebut, diyakini bahwa prakiraan awal musim kemarau di tahun 2013 ini masih relevan. "Karena kejadian hujan lebat yang menyebabkan banjir dan tanah longsor pada bulan April ini terjadi di daerah yang masih dalam periode musim hujan," pungkasnya.

Berdasarkan penelitian dari BMKG, musim kemarau tahun 2013 ini khususnya di wilayah Indonesia, secara nasional dari 342 Zona Musim (ZOM) kumulatif persentase daerah, yang telah memasuki musim kemarau pada bulan April adalah sebesar 32,5 persen, yang meliputi sebagian wilayah Nusa Tenggara, sebagian Maluku Tengah, Jawa Timur bagian utara, Pantura, Jakarta Utara dan Pesisir Utara Aceh.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6284 seconds (0.1#10.140)