Belum cair, mahasiswa UI pertanyakan dana beasiswa

Selasa, 02 April 2013 - 16:38 WIB
Belum cair, mahasiswa UI pertanyakan dana beasiswa
Belum cair, mahasiswa UI pertanyakan dana beasiswa
A A A
Sindonews.com - Sejumlah mahasiswa penerima dana beasiswa bidik misi hingga kini masih mempertanyakan pencairan dana yang belum juga dilaksanakan. Mahasiswa mendesak pemerintah agar segera melaksanakan pencairan dana beasiswa program bidik misi.

Salah satu mahasiswa yang mengaku belum menerima dana beasiswa bidik misi yakni Tara Auliani, mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI). Tara mengaku belum menerima dana bidik misi sejak bulan Desember 2012.

"Iya sampai sekarang belum keluar juga, saya cek belum ada. Padahal ya butuh juga untuk biaya kuliah, Oktober-November sudah, dari Desember sampai sekarang belum, enggak tahu alasannya kenapa," ungkapnya di Depok, Selasa (2/4/2013).

Sementara itu, Wakil Rektor UI Muhammad Anis mengaku, tak mengetahui persis soal belum atau sudahnya pencairan dana bidik misi tersebut. Sebab, dana itu langsung ditransfer ke rekening tiap mahasiswa masing-masing.

"Sehingga harus ditanya satu-satu mahasiswanya, bukan kami yang menyalurkan. Memang keterlambatan ini kemungkinan karena ada miss di DPR terkait tiga kementerian yang diblokir yakni Kemenag, Kemenpora, Kemendikbud. Karena fokus pada UU Dikti itu, tapi setahu saya mungkin sudah cair," ungkap Anis.

Dia menambahkan, sedikitnya setiap tahun terdapat 600 mahasiswa UI yang memperoleh jatah beasiswa bidik misi. Mekanisme pencairan, kata dia, yakni saat ini dilakukan enam bulan sekaligus ke rekening mahasiswa.

"Per tahun 600 sudah tiga angkatan, sekaligus satu semester, dan uang bulanan. Jadi enggak bayar uang kuliah. Rp3,6 juta selama enam bulan itu uang bulanan. Sabarlah, pasti cair, April pasti cair," tegasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3293 seconds (0.1#10.140)