TB Hasanuddin: Tak mungkin ada kudeta

Rabu, 20 Maret 2013 - 10:37 WIB
TB Hasanuddin: Tak mungkin ada kudeta
TB Hasanuddin: Tak mungkin ada kudeta
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan, wacana kudeta 25 Maret nanti terhadap pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) patut dipertanyakan. Apalagi isu kudeta dihembuskan oleh pihak pemerintah sendiri.

"Sampai saat ini kita semua tak yakin, siapa yang akan melakukan kudeta? Dalam sejarah perkudetaan di dunia, kudeta hanya efektif bila dilakukan oleh kekuatan bersenjata," ujar Hasanuddin melalui pesan singkatnya kepada wartawan, Rabu (20/3/2013).

Menurut politikus PDIP ini, kudeta di Indonesia hanya efektif kalau dilakukan oleh TNI atau anggota-anggota TNI yang bersenjata. Sementara, samai saat ini dirinya belum melihat ada tanda-tanda atau sinyal TNI akan melakukan kudeta.

"Menurut hemat saya, sangat tidak mungkin. Apalagi para panglima dan jajaran teras TNI dipegang oleh orang-orang kepercayaan Presiden saat ini," kata dia.

Ia menambahkan, kalau dilihat dari struktur organisasi TNI, keadaan geografi dan situasi geopolitik, maka sangat sulit untuk melakukan kudeta. Sekali lagi, ia menegaskan kudeta sangat tidak mungkin terjadi.

"Isu itu hanya berkembang disekitar elit tertentu dengan motivasi yang berbeda-beda, tanpa perencanaan yang matang," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2944 seconds (0.1#10.140)