Harta DS bukti adanya rekening gendut di Polri

Selasa, 19 Maret 2013 - 02:32 WIB
Harta DS bukti adanya...
Harta DS bukti adanya rekening gendut di Polri
A A A
Sindonews.com - Indonesia Coruption Watch (ICW) meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginventarisir aset para jenderal polisi, karena jika harta kekayaan melebihi dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) patut dicurigai asal-usulnya.

Peneliti ICW Donal Faris mengapresiasi kinerja KPK, karena berhasil mengungkap misteri harta kekayaan tersangka dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) simulator SIM Irjen Pol Djoko Susilo (DS).

“Diakui dalam LHKPN hartanya RP5 miliar, namun ternyata ratusan miliar,” ungkap Donal Faris kepada Koran SINDO di Jakarta, Senin (18/3/2013).

Menurut dia, bagi ICW sendiri tidak asing lagi bahwa aset kekayaan jenderal polisi tersebut berjumlah ratusan miliar. “Ya yang dahulu disebut adanya rekening gendut, itu buktinya,” ucapnya.

Dia mengharapkan kepada KPK, tetap menjadi lembaga yang tidak pandang bulu memberantas korupsi, jangan hanya berhenti pada Irjen Pol Djoko Susilo. “Jika ada oknum jenderal yang memiliki harta kekayaan di luar kewajaran, perlu ditelusuri,” tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan ditetapkannya DS sebagai tersangka dugaan korupsi, dan juga terbukti memiliki harta yang berlimpah, sudah memberikan isyarat bahwa rekening gendut jenderal polisi tersebut memang ada.

“Kedepannya perlu ada aturan, jika pejabat memiliki harta jauh melebihi dari yang dilaporkan ke LHKPN dirampas saja,” tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6184 seconds (0.1#10.140)