UGM upayakan transformasi akademik berbasis TI

Selasa, 05 Maret 2013 - 16:27 WIB
UGM upayakan transformasi akademik berbasis TI
UGM upayakan transformasi akademik berbasis TI
A A A
Sindonews.com - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gajah Mada (UGM) terus berusaha mencetak dokter gigi yang memiliki keahlian, keterampilan, dan integritas moral yang tinggi.

Salah satu upaya yang ditempuh dengan menyelenggarakan pendidikan dengan sistem akademik yang terintegrasi antar berbagai komponen penunjang akademik dengan pemanfaatan teknologi informasi (TI).

“Sistem tersebut diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dalam setiap proses pembelajaran sehingga energi yang sebelumnya banyak terserap untuk melakukan proses manual bisa dialokasikan lebih banyak untuk meningkatkan mutu materi pendidikan,” papar Dekan FKG UGM Dr drg Erwan Sugianto MS Sp Pros(K) saat menyampaikan laporan tahunan dekan, di Yogyakarta, Selasa (5/3/2013).

Erwan mengatakan bahwa transformasi akademik berbasis TI memungkinkan diselenggarakannya pendidikan menggunakan website sebagai media komunikasi antar dosen dan mahasiswa.

Misalnya, sistem pembelajaran e-learning yang telah banyak dipakai oleh banyak universitas dunia. Sementara UGM dengan program eLisa telah memunculkan nuansa baru dalam kehiatan belajar mengajar yang lebih interaktif dan bisa meminimalisir barrier jarak dan waktu.

Disamping melakukan transformasi akademik berbasis TI, Erwan mengungkapkan bahwa FKG terus berusaha meningkatkan kualitas proses pembelajaran mahasiswa melalui inovasi bidang kurikulum terintegrasi dengan pendekatan student learning center (SCL) kolaboratif dan kooperatif.

“Pengembangan inovasi pembelajaran, ilmu pengetahuan, dan riset diakumulasikan untuk menjawab tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang bermutu,” jelasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5134 seconds (0.1#10.140)