PTS Yogya gulirkan program kuliah gratis

Selasa, 05 Maret 2013 - 15:48 WIB
PTS Yogya gulirkan program kuliah gratis
PTS Yogya gulirkan program kuliah gratis
A A A
Sindonews.com - Sejumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) akan menggulirkan program kuliah gratis pada tahun ajaran baru mendatang. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi siswa yang tidak mampu secara ekonomi.

Sebut saja Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang rencananya akan memberikan beasiswa kuliah gratis bagi 30 mahasiswa baru (maba). Mereka merupakan siswa berprestasi namun sulit melanjutkan pendidikan karena keterbatasan ekonomi keluarganya.

"Kami menseleksi siswa-siswa yang memiliki potensi akademik namun tidak bisa kuliah untuk mendapatkan beasiswa," ujar Rektor UAD Drs Kasiyarno MHum kepada wartawan, di Yogyakarta, Selasa (5/3/2013).

Ke-30 mahasiswa itu, menurut Kasiyarno akan gratis kuliah hingga mereka lulus sarjana. Mereka tersebar di berbagai program studi (prodi) di UAD.

Beasiswa yang diberikan merupakan swadaya kampus secara mandiri. UAD terus melakukan pendampingan dan pemantauan kompetensi mahasiswa penerima beasiswa tersebut.

"Diharapkan mereka bisa lulus tepat waktu dan kembali ke daerah masing-masing untuk mengembangkan daerahnya," jelasnya.

Hal serupa dilakukan Universitas Sanata Dharma (USD). Kampus itu menawarkan berbagai program beasiswa bagi maba mereka pada tahun ajaran baru nanti.

"Kami bekerjasama dengan sejumlah stakeholder seperti perbankan, pemerintah, yayasan dan orangtua untuk memberikan bermacam beasiswa bagi mahasiswa baru untuk kuliah gratis atau bagi mahasiswa lama," ujar Wakil Rektor III USD Drs Tarsisius Sarkim MEd PhD.

Setiap tahun, USD mengalokasikan anggaran sekitar Rp2,5miliar untuk beasiswa mahasiswanya. Beasiswa itu diberikan pada sekitar 10 persen atau 900-1.000 mahasiswa dari total sekitar 10.000 mahasiswa USD. Beasiswa itu diberikan dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi mahasiswa, terutama nilai Indeks Prestasi (IP) per semesternya.

"Hal ini dilakukan agar beasiswa yang diberikan bisa tepat sasaran bagi mahasiswa berprestasi yang benar-benar membutuhkan. Kami juga berharap pemerintah bisa menambah bantuan beasiswa ke kampus sehingga kami bisa menambah jumlah mahasiswa penerima beasiswa agar mereka bisa melanjutkan pendidikan dengan baik," imbuhnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4656 seconds (0.1#10.140)