Kepala daerah curhat, SBY juga ikutan curhat

Rabu, 20 Februari 2013 - 19:08 WIB
Kepala daerah curhat, SBY juga ikutan curhat
Kepala daerah curhat, SBY juga ikutan curhat
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sempat mencurahkan isi hatinya (curhat), dalam menanggapi keluhan sejumlah kepala daerah, yang disampaikan kepada dirinya.

Peristiwa itu terjadi saat SBY membuka acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke IX Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Rakernas ke-X Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani), di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2013).

"Nah begini, pak bupati dikritik, dihujat, disalahkan oleh masyarakat di kabupaten ini dalam waktu tiga tahun. Pak gubernur, bapak dikritik, disalahkan, dihujat oleh provinsi itu selama tiga tahun. Nah saya yang menyalahkan, yang menghujat seluruh rakyat indonesia dan sudah lebih dari delapan tahun. Kalau saya kuat, bapak-bapak harus kuat. Yang penting berikhtiar," tutur SBY.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat ini memahami, jika apa yang dilakukan kepala daerah tidak serta-merta langsung mendapatkan tanggapan positif dari publik.

"Memang ketika saya berkunjung ke daerah, bertemu dengan para bupati, para wali kota, para gubernur, saya sering mendengar hal-hal seperti ini. Seorang bupati misalnya mengatakan, pak, rasanya kok berat sekali menjadi bupati. Kenapa? saya bilang begitu. Ya kok disalahkan terus pak. Maju kena, mundur kena. Kiri kata DPRD salah, kanan kata pers salah. Jadi kadang-kadang bingung kita, padahal rasanya kami sudah berikhtiar, berupaya," ucapnya.

SBY pun memberi solusi kepada para kepala daerah tersebut. SBY menyarankan, agar kepala daerah tetap kuat bila dikritik banyak pihak. Sebab, apa yang dialami para kepala daerah, SBY pun mengalaminya.

"Hampir pasti ada permasalahan, tantangan, hambatan. Tapi sudahlah. Jalankan semuanya itu. Lalui, hadapi, pasti hasilnya akan lebih baik daripada putus asa, menyerah, kemudian kita ikut larut dalam konflik ataupun hujat-menghujat, hajar-menghajar, serang-menyerang seperti itu," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5202 seconds (0.1#10.140)