4 strategi Sohibul kembalikan citra DPR

Selasa, 12 Februari 2013 - 15:08 WIB
4 strategi Sohibul kembalikan citra DPR
4 strategi Sohibul kembalikan citra DPR
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua DPR RI yang baru Muhamad Sohibul Iman mengakui lembaganya sering menjadi sorotan publik lantaran kasus korupsi dan prilaku anggota yang kadang tidak etis.

Beranjak dari persoalan tersebut sebagai pimpinan DPR, dirinya merasa mempunyai peran penting dalam mengembalikan citra DPR .

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengaku sudah mengantongi strategi jitu supaya masyarakat tidak memandang jelek DPR.

“Ada empat hal-hal untuk mengembalikan citra DPR,” ujarnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/2/2013).

Empat strategi itu antara lain, pertama, DPR harus lebih tegas dalam menegakkan kode etik, sehingga masyarakat kembali percaya terhadap DPR. “Agar masyarakat tahu DPR tegas menegakkan moralitas anggtanya,” ujar Sohibul.

Kedua, lanjut Sohibul, DPR harus meningkatkan transparansi seluruh proses di DPR baik penganggaran, legislasi dan pengawasan.

Produktivitas DPR khusus legislasi, kata Sohibul harus ditingkatkan. Menurutnya, dari tahun ke tahun harus ada peningkatan dengan menekankan kualitas. ”Menurut saya harus ditingkatkan dari jumlah atau kualitas,” ujarnya.

Produk DPR harus terus disosialisasikan kepada masrakat, supaya hasil kerja keras DPR tampak di hadapan publik.

“Kami perlu membuat satu sistem produk DPR bisa diakses oleh publik. Ada produknya tapi tidak mudah diakses oleh publik,” pungkasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6000 seconds (0.1#10.140)