Bisnis nama yang makin menggiurkan

Jum'at, 08 Februari 2013 - 10:37 WIB
Bisnis nama yang makin menggiurkan
Bisnis nama yang makin menggiurkan
A A A
Domain internet kini bukan lagi sekadar nama unik, melainkan juga telah menjadi lahan bisnis yang menggiurkan. Ukuran keuntungan sangat bervariasi dan tak terbatas.

Proses penentuan harga sebuah domain tidak jarang bukan hanya ditentukan dari kualitas nama, melainkan seberapa besar nama domain itu dibutuhkan pembeli.

Misalnya, ada orang yang betul-betul membutuhkan nama domain www.bisnis.com (sekadar contoh). Maka si pemilik domain tersebut bakal mempertahankan harga tinggi jika si calon pembeli sangat membutuhkan nama itu.

Tidak jarang pelaku bisnis domain berselancar di dunia maya sambil mencari domain yang dianggap potensial. Sangat mungkin mereka juga mengintai domain yang dinilai rendah karena kunjungan (traffic) sedikit kemudian membelinya.

Setelah itu mereka mengupayakan domain tersebut sebagai laman produktif dengan tujuannya untuk dijual kembali. Caranya, mereka menggunakan jasa lembaga pengelola domain seperti whypark.com untuk meningkatkan traffic.

Apalagi, saat ini whypark.com sudah menjadi layanan domain parking gratis.Sebelum diakuisisi parked.com beberapa waktu lalu,whypark.com merupakan layanan parkir domain berbayar.

Sebelumnya, untuk memperoleh akun di whypark.com harus mendaftar dengan biaya keanggotaan USD99. Kini whypark.com menjadi layanan parkir do-main andal karena di samping gratis, domain yang diparkir pun bebas, mulai top level domain(TLD), subdomain, hingga domain gratisan. Setelahdikelola whypark.com, peringkat nama domain dipastikan naik di mata mesin pencari yang membuat domain tersebut bernilaitinggi.

Karenaitu, saat ini tidak jarang orang menjadikan domain sebagai investasi. Tidak sedikit pemain domain membeli domain untuk dikumpulkan lalu dijual pada saat yang tepat, layaknya bermain saham.

Akibat bisnis domain yang dilakukan para spekulan menyebabkan domain yang menggunakan tiga karakter (misalnyawww. abc.com) sudah habis. Berdasarkan data eNom.Inc, perusahaan layanan domain internasional, saat ini sekira 240 juta nama domain teregistrasi di seluruh dunia.

Tahun ini diperkirakan akan ada 17 kategori TLD dengan lebih dari 1.000 TLD baru di seluruh dunia. Saat ini menurut catatan eNom terdapat 103,7 juta .com (dot commercial), 100,3 juta ccTLD (untuk negara), dan 36 juta genericTLD.

Maraknya bisnis domain disebabkan pemahaman dalam dunia internet bahwa domain ibarat tanah.Ketersediaan domain yang bagus sangat terbatas, sementara penggunanya semakin besar.

Karena itu, harganya semakin tinggi. Layaknya tanah yang ketersediaannya terbatas, tetapi penghuninya semakin bertambah. Saat ini nama domain yang unik dan singkat sangat dicari orang. Berbeda dengan nama domain yang bersifat umum (generik). Karena itu, tahun mendatang diperkirakan nama domain yang menggunakan empat karakter akan habis dibeli.

Maklum, nama domain yang unik dan singkat sangat menentukan efek search engine optimization (SEO)-nya. Nah, optimisasi mesin pencari ini yang memungkinkan domain tersebut akan muncul di nomor satu pada hasil pencarian.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0486 seconds (0.1#10.140)