Parpol harus telusuri track record caleg

Senin, 28 Januari 2013 - 05:01 WIB
Parpol harus telusuri track record caleg
Parpol harus telusuri track record caleg
A A A
Sindonews.com - Banyaknya anggota legislatif yang tersandung kasus korupsi dan narkoba, harusnya menjadi bahan pelajaran bagi partai politik (Parpol) agar lebih selektif dalam menjaring bakal calon legislatif (Caleg).

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Bagus Takwin mengatakan, untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan tersebut, parpol bisa menelusuri rekam jejak caleg tersebut.

"Bisa juga dengan rekam jejak, track record, analisis personal. Itu dilakukan untuk mencari tahu sejarah pribadi caleg tersebut. Bisa juga mencari tahunya sejak di SMA (Sekolah Menengah Atas), kuliah, seperti apa dia waktu dulu," ucapnya, saat berbincang dengan Sindonews, Minggu (27/1/2013).

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan begitu parpol bisa memutuskan, apakah bisa merekrut caleg tersebut atau tidak. Pasalnya, jika terjadi penyimpangan dikemudian hari, selain merugikan caleg itu sendiri, akan merugikan parpol tersebut.

"Parpol harus mengetahui caleg tersebut sudah melakukan apa saja, dari situ bisa diketahui catatan yang bisa menunjukkan, kalau dia pernah melakukan pernah kesalahan, tindak pidana, atau tidak," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0375 seconds (0.1#10.140)